Ini Delapan Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

0

NARASITODAY.COM- Mungkin kebanyakan orang masih banyak yang belum mengetahui manfaat untuk kesehatan bagi tubuh dari Kedelai.

Nah, bahan pangan serbaguna ini sangat cocok untuk dikonsumsi di bulan suci Ramadhan ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Ini 8 Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

1. Penjaga Kesehatan Jantung yang AndalLemak tak jenuh ganda, seperti asam linoleat, yang terdapat pada kedelai dapat membantu menyehatkan jantung.

Lemak ini berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bertugas membersihkan LDL.

Dengan kadar kolesterol yang terkontrol, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat diminimalisir.

2. Memperkuat Tulang dan Mencegah OsteoporosisKedelai mengandung isoflavon, kalsium, dan fosfor yang merupakan trio nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

Baca Juga :  Pertikaian Antara Pihak Manajemen dan Tiga Orang Karyawan di Chevilly Resort dan Camp Berujung Damai

Isoflavon memiliki struktur kimia mirip hormon estrogen, sehingga dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah keropos tulang (osteoporosis) pada orang dewasa, terutama wanita pascamenopause.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Menjaga Berat Badan IdealSerat yang tinggi dalam kedelai dapat membantu mengatur pelepasan insulin, hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan pelepasan insulin yang stabil, maka kadar gula darah pun terjaga dan terhindar dari lonjakan yang berujung pada diabetes.

Selain itu, serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori harian. Ini tentunya berperan penting dalam menjaga berat badan ideal.

4. Potensi Menurunkan Risiko Beberapa Jenis KankerPenelitian ilmiah menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai berpotensi memiliki sifat antikanker.

Baca Juga :  Besek Ikan Hasil Kerajinan Abah Satim

Isoflavon dapatmenghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, konsumsi kedelai dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk pencegahan kanker.

5. Melancarkan Pencernaan dan Mencegah SembelitSerat pangan dalam kedelai berperan sebagai prebiotik, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus.

Bakteri baik ini membantu menjaga keseimbangan flora usus, sehingga melancarkan fungsi saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga dapat mendorong proses detoksifikasi tubuh dengan membantu pembuangan racun.

6. Meningkatkan Fungsi Otak dan MemoriKedelai mengandung zat choline, sejenis nutrisi penting untuk kesehatan otak. Choline berperan dalam pembentukan asetilkolin, neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi memori, pembelajaran, dan suasana hati.

Konsumsi kedelai secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, serta mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga :  Remaja Belasan Tahun Keterdapatan Bawa Sajam Dalam Aksi Perang Sarung di Parung 

7. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kedelai mengandung protein dan isoflavon yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Protein berperan sebagai bahan penyusun utama rambut, sehingga konsumsi kedelai dapat membantu menjaga kekuatan dan kilau rambut.

Isoflavon, dengan sifat antioksidan dan kemampuannya menyerupai hormon estrogen, dapat membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mencegah keriput.

8. Mengurangi Gejala MenopauseIsoflavon Dalam kedelai, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memiliki struktur mirip hormon estrogen.

Bagi wanita pascamenopause yang mengalami penurunan kadar estrogen alami, konsumsi kedelai berpotensi membantu mengurangi gejala menopause yang mengganggu, seperti hot flashes, night sweats, dan vagina kering.***