BEM FKIP Universitas Pakuan dan BEM FIP Universitas Negeri Jakarta Gelar Studi Banding untuk Tingkatkan Kolaborasi dan Inovasi

0
Mahasiswa FKIP Universitas Pakuan dan Mahasiswa FIP Univestitas Negeri Jakarta foto bersama dalam kegiatan studi banding

NARASITODAY.COM- Pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 2024. diadakannya studi banding bertempat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) antara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan (Unpak) dan BEM Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah inisiatif yang sangat positif dan bermanfaat untuk kedua belah pihak.

Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antar universitas, tetapi juga membuka peluang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Dimulai dengan kegiatan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana, para ketua BEM dan Wakil Dekan serta Asisten Wakil Dekan bidang kemahasiswaan, acara ini menunjukkan formalitas dan penghargaan yang tinggi terhadap kesempatan kerjasama.

Sambutan ini juga menciptakan suasana yang hangat dan penuh semangat untuk memulai rangkaian kegiatan.

Baca Juga :  Terpengaruh Miras, Pria Ini Nekat Maling Mobil di KemangĀ 

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) menjadi momen penting dalam kegiatan ini.

MoU tersebut menandakan komitmen kedua belah pihak untuk terus menjalin kerjasama di masa depan, terutama dalam bidang akademik dan kegiatan kemahasiswaan.

Pemberian cinderamata merupakan simbol penghargaan dan kenang-kenangan yang memperkuat hubungan baik antara kedua institusi.

Selanjutnya, kegiatan pertukaran informasi dan Focus Group Discussion (FGD) memberikan kesempatan bagi kedua BEM dan Himpuanan baik di UNJ dan Unpak untuk saling belajar dan mengambil inspirasi dari program kerja masing-masing.

Diskusi mendalam mengenai isu-isu pendidikan, kebijakan organisasi, serta berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh masing-masing BEM dapat memperkaya wawasan dan membantu dalam merancang program yang lebih efektif dan inovatif.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus DPC Gekrafs Kabupaten Bogor: Fokus pada Pengembangan Ekonomi Kreatif

Selain kegiatan serius, adanya sesi games menambahkan unsur keceriaan dan keakraban di antara peserta.

Games ini berfungsi sebagai ice breaking dan mempererat kerjasama serta kekompakan antar mahasiswa.

Tour kampus UNJ juga memberikan kesempatan bagi delegasi BEM FKIP Unpak untuk mengenal lebih dekat lingkungan dan fasilitas yang dimiliki oleh UNJ.

Ini bisa menjadi inspirasi untuk pengembangan fasilitas di kampus mereka sendiri.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan studi banding ini. Pertemuan dengan BEM FIP UNJ memberikan banyak manfaat, mulai dari penandatanganan MoU hingga berbagai sesi diskusi dan pertukaran informasi yang sangat konstruktif.

Kami juga sangat menikmati suasana keakraban yang tercipta melalui sesi games dan tour kampus.

Baca Juga :  Pergerakan Tanah 4000 Meter Persegi Ada Apa Dikaki Gunung Hanyawong Sukamakmur

Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antar universitas, tetapi juga membuka peluang kolaborasi yang berkelanjutan untuk kedepannya.

Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan semakin menginspirasi kedua belah pihak untuk berinovasi dalam kegiatan kemahasiswaan dan akademik.” ujar ketua BEM FKIP Universitas Pakuan Bogor.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan studi banding ini adalah langkah strategis yang sangat positif.

Melalui kegiatan ini, BEM FKIP Unpak dan BEM FIP UNJ dapat menjalin hubungan yang lebih erat, bertukar informasi dan pengalaman, serta membangun jaringan yang bermanfaat untuk pengembangan ke depan.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kedua institusi.