Kunjungan Kedua Camperdown College ke SMPN 2 Leuwisadeng dalam Program BRIDGE School Partnership

0

NARASITODAY.COM – Siswa dan guru dari Camperdown College Australia tiba di SMPN 2 Leuwisadeng pagi ini sebagai bagian dari program kerja sama BRIDGE School Partnership yang telah berlangsung lama.

Ini adalah kunjungan kedua yang dilakukan oleh Camperdown College ke SMPN 2 Leuwisadeng dalam rangka mempererat hubungan kedua sekolah. Rombongan dari Australia terdiri dari sepuluh siswa dan tiga guru.

Kedatangan delegasi Australia disambut hangat oleh para pendidik dan siswa SMPN 2 Leuwisadeng.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Drs. Bambang Widodo Tawekal, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, yang dengan antusias mendampingi rangkaian kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Hut ke 14 Tahun, SMPN 2 Leuwisadeng Sebet 3 Penghargaan

Dalam sambutannya Kepala SMPN 2 Leuwisadeng Dian Sukmawan mengatakan, dalam sambutannya menyatakan bahwa sekolahnya sangat menantikan kehadiran delegasi dari Camperdown College.

“Tidak semua sekolah di Kabupaten Bogor memiliki kesempatan kerja sama seperti ini. SMPN 2 Leuwisadeng merasa bangga dan memiliki nilai lebih meskipun berada di kampung,” ujar Dian Sukmawan.

Kunjungan ini diakui sebagai kesempatan langka dan menjadi motivasi bagi para siswa untuk mengenal dunia luar, khususnya Australia. Dian Sukmawan menambahkan bahwa kunjungan semacam ini memberikan peluang bagi seluruh warga sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang dari luar negeri.

Baca Juga :  WNA Asal Yaman Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Mandi Cisarua

“Dari sini, mungkin sekali terjadi pertukaran pengetahuan, kebudayaan, dan informasi terkait sistem pendidikan masing-masing sekolah,” jelasnya.

Dalam rangkaian acara, siswa SMPN 2 Leuwisadeng menampilkan berbagai keterampilan di depan siswa dari Camperdown College.

Mereka juga mengajak para siswa Australia bermain permainan tradisional seperti egrang, congklak, dan sondah.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya permainan anak-anak Indonesia dan memberikan kesan positif tentang Indonesia, khususnya SMPN 2 Leuwisadeng, kepada para siswa Australia.

Baca Juga :  AGATRA Jadi Ajang Cetak Anggota Pramuka: Begini Kata Agus Ridho

Program Kemitraan Sekolah BRIDGE didanai oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan diimplementasikan oleh Asia Education Foundation (AEF) di bawah Universitas Melbourne, Australia.

BRIDGE merupakan singkatan dari Building Relationship through Intercultural Dialogue and Growing Engagement.

Program ini menghubungkan komunitas sekolah di Indonesia dengan seluruh negara bagian dan teritori di Australia untuk mendukung pembelajaran kolaboratif dan pedagogi melalui kemitraan sekolah internasional.***