Unik, SMP Muhammadiyah 1 Leuwiliang Gelar Kelulusan Sambil Berkemah di Gunung Salak Endah

0

NARASITODAY.COM – Menghadirkan suasana baru dalam perayaan kelulusan, SMP Muhammadiyah 1 Leuwiliang memilih Gunung Salak Endah sebagai lokasi untuk merayakan kelulusan kelas IX dan kenaikan kelas.

Acara unik ini berlangsung pada 22-23 Juni dan menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan perayaan di gedung serbaguna atau lapangan sekolah seperti biasanya.

Kepala sekolah, Erwin, menjelaskan bahwa ide ini lahir dari keinginannya untuk menciptakan momen yang lebih berkesan bagi para siswa.

“Konsep ini sudah saya sampaikan saat rapat terbatas pimpinan sekolah beberapa bulan lalu,” ungkap Erwin.

Baca Juga :  Rumah Nenek Paruh Baya di Ciampea Disatroni Maling

Pria berusia 32 tahun ini menambahkan, bahwa acara ini bukan hanya tentang perayaan kelulusan, tetapi juga menggabungkan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Di antaranya adalah Baitul Arqam untuk kelas IX dan Kemah Ceria Hizbul Wathan untuk kelas VII-VIII.

Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat kebersamaan, gotong royong, kemandirian, dan keberanian di antara siswa.

“Saya ingin perayaan kelulusan tahun ajaran 2023/2024 memiliki konsep baru yang menarik, unik, dan berkesan untuk peserta didik kami, tentunya berbeda dari sekolah lain,” katanya.

Baca Juga :  Paud dan PaudQu Al Bayyinah Gelar Wisuda

Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh penting turut hadir dan memberikan materi kepada peserta didik. Dede Muslimin, Ketua Muhammadiyah Leuwiliang, dan Ahmad Yani, ketua Muhammadiyah Kabupaten Bogor, memberikan wawasan berharga selama acara berlangsung.

Untuk memeriahkan suasana, malam hari diisi dengan pentas kesenian daerah, pentas musik, pembacaan pantun, serta penampilan seni Pencak Silat Tapak Suci.

Baitul Arqam merupakan kegiatan wajib bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Leuwiliang sebelum mereka lulus atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Pemdes Cihud Minta Data Penerima Bapang Diverifikasi Ulang

Sementara itu, Kemah Ceria Hizbul Wathan adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh semua siswa dan di instrukturi langsung oleh Irawan dan Dede Asdi dari Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kabupaten Bogor.

Dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif ini, SMP Muhammadiyah 1 Leuwiliang berhasil menghadirkan perayaan kelulusan yang tak hanya unik, tetapi juga penuh makna, memberikan kenangan indah yang akan dikenang sepanjang hayat oleh para siswa.***