Pembongkaran Kawasan Puncak Meningkatkan Kriminalitas, Pemkab Bogor Diultimatum Wakil Rakyat

0

NARASITODAY.COM – Minimnya rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan umum di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, memicu lonjakan angka kriminalitas.

Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Bogor mendapat ultimatum dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi.

Penegakan Hukum yang Tebang Pilih

Wawan Haikal Kurdi, yang akrab disapa Wanhai, menyoroti kebijakan Pemkab Bogor yang dinilai tebang pilih dalam penegakan aturan.

“Pemkab Bogor harus segera melakukan penataan dan meningkatkan keamanan pasca terjadinya pembongkaran,” tegasnya. Minggu, 30 Juni 2024.

Ia meminta agar penindakan peraturan daerah dilakukan secara adil, termasuk menyikat dan menindak bangunan komersil yang tidak memiliki izin.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Nurodin Minta DPUPR Cepat Tanggap Perbaiki Kerusakan Jalan Kabupaten

Minim Penerangan dan Rambu Lalu Lintas

Wanhai juga menyoroti minimnya penerangan jalan umum dan rambu-rambu lalu lintas di kawasan Puncak sebagai salah satu penyebab meningkatnya angka kriminalitas.

“Minimnya penerangan jalan merupakan salah satu penyebab terjadinya kriminalitas. Pemkab harus segera memasang rambu-rambu lalu lintas dan penerangan di area tersebut,” ujarnya.

Kejadian Begal Pasca Pembongkaran

Setelah pembongkaran lapak PKL, beberapa titik di Jalur Puncak menjadi gelap gulita, yang memperburuk kondisi keamanan.

Baca Juga :  Penemuan Tas Berisi Jasad Bayi Gegerkan Warga Kademangan, Blitar

Wanhai mengungkapkan adanya laporan warga yang menjadi korban begal di kawasan tersebut.

“Saya mendapatkan informasi adanya korban begal setelah terjadinya pembongkaran, dan saya meminta hal ini tidak kembali terjadi. Pemkab harus segera turun tangan,” paparnya.

Penataan Tata Ruang

Lebih lanjut, Wanhai menekankan pentingnya penataan tata ruang di sekitar area Jalur Puncak.

“Pemkab harus serius dalam melakukan penertiban dan tidak tebang pilih dalam menegakkan aturan. Penataan di seputar area Jalur Puncak harus segera dilakukan agar estetika tata ruang menjadi lebih baik,” tuturnya.

Baca Juga :  Program Peduli Marbot, Calon Bupati Bogor Jaro Ade : Kita Beri Insentif Lebih dan Umroh

Tuntutan Kepada Pemkab Bogor

Wanhai mendesak Pemkab Bogor untuk bertindak cepat dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Penegakan aturan yang adil dan penataan fasilitas umum yang memadai diharapkan dapat menekan angka kriminalitas dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan warga dan wisatawan di kawasan Puncak.

Dengan berbagai laporan dan keluhan yang terus bermunculan, tekanan kepada Pemkab Bogor semakin besar.

Masyarakat berharap tindakan nyata dan cepat dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertata.***