Desa Pabuaran Kaler, Pusat Pasokan Singkong dan Daun untuk Rumah Makan Padang

0
Desa Pabuaran Kaler salah satu pemasok utama singkong dan daun singkong untuk rumah makan Padang di Bogor hingga Jakarta.

NARASITODAY.COMDesa Pabuaran Kaler, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dikenal sebagai salah satu pemasok utama singkong dan daun singkong untuk rumah makan Padang di Bogor hingga Jakarta.

Salah satu petani singkong di desa tersebut Rojak mengungkapkan, bahwa sebagian besar hasil panen singkongnya dijual ke para produsen tape.

“Singkongnya kebanyakan dijual ke para produsen tape, di kampung ini juga memasok daun singkong untuk Rumah Makan Padang di seantero Bogor bahkan sampai ke Jakarta,” ujar salah satu petani singkong di Desa Pabuaran Kaler, Rojak, Selasa (2/7/2024). Sebagai mana dikutip dari PortalPasundan.

Baca Juga :  Gelar Safari Ramadan, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Bagikan Santunan untuk Sahabat Difabel dan Anak Yatim

Rojak bukan hanya seorang petani, tetapi juga seorang tukang. Kesehariannya diisi dengan pekerjaan bertani dan bertukang.

“Alhamdulillah bisa membantu pendapatan saya. Karena selain bertani saya juga seorang tukang. Kalau tidak ada kerjaan saya ke kebun. Insya Allah saya akan mengontrak lahan lagi untuk menanam singkong lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  Kisah Filem Horor Thailand Cracked

Desa Pabuaran Kaler tidak hanya dikenal sebagai penghasil singkong berkualitas, tetapi juga sebagai pemasok daun singkong yang banyak dicari oleh rumah makan Padang di seantero Bogor dan Jakarta.

Dalam sehari, desa ini bisa mengirimkan hingga ratusan ikat daun singkong ke berbagai rumah makan ternama.

Baca Juga :  Terpengaruh Miras, Pria Ini Nekat Maling Mobil di Kemang 

Potensi ekonomi dari singkong dan daun singkong yang dikelola oleh para petani di desa ini tidak hanya meningkatkan pendapatan mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian desa.

Rojak dan petani lainnya berharap, dengan mengontrak lahan lebih banyak, mereka dapat meningkatkan produksi dan memperluas pasar.***