Perpustakaan SMA YPHB Wakili Jabar di Lomba Perpustakaan Terbaik Nasional

0
Perpustakaan Agrivana Vidya SMA Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB) Kota Bogor telah terpilih sebagai nominasi terbaik dari Jawa Barat dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024.

NARASITODAY.COM – Kota Bogor kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang pendidikan, khususnya dalam pengelolaan perpustakaan.

Perpustakaan Agrivana Vidya SMA Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB) Kota Bogor telah terpilih sebagai nominasi terbaik dari Jawa Barat dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024.

Prestasi ini menjadikan SMA YPHB sebagai representasi Provinsi Jawa Barat di ajang bergengsi tersebut.

Pada 9 Juli 2024, tim juri dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan visitasi ke Perpustakaan SMA YPHB. Kepala Sekolah SMA YPHB, Joko Pitoyo, S.Pd, M.M, menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian ini.

Baca Juga :  Kunjungan Kedua Camperdown College ke SMPN 2 Leuwisadeng dalam Program BRIDGE School Partnership

“Saya sangat bangga dan antusias dengan lomba ini, maka kedatangan tim juri ini kita sambut dengan meriah, dengan menampilkan tarian adat upacara Sunda, lengkap dengan lengsernya,” ujar Joko.

Joko juga menambahkan bahwa perpustakaan sekolah bukan hanya tempat meminjam dan membaca buku, tetapi juga pusat belajar dan sumber informasi penting bagi seluruh warga sekolah. “Di era digital seperti sekarang ini, peran perpustakaan semakin berkembang menjadi pusat literasi informasi, tempat untuk mengembangkan kreativitas, serta mendukung proses pembelajaran yang inovatif,” lanjutnya.

Pencapaian ini, menurut Joko, adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi semua pihak, mulai dari pustakawan yang tanpa lelah mengelola dan mengembangkan perpustakaan, para guru yang selalu mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal, hingga para siswa yang antusias dalam membaca dan belajar.

Baca Juga :  Aliansi Masyarakat Desa Kiarasari Tagih Janji Perihal Rekonstruksi Jalan Mangkrak

Lomba yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk menjadikan Perpustakaan SMA/SMK/MA sebagai rujukan bagi siswa dan guru dalam mengakses informasi dan pengetahuan. Hal ini juga untuk mendukung merdeka belajar dan kecakapan literasi, kegemaran membaca, serta implementasi kurikulum sekolah/madrasah sesuai visi dan misi pendidikan nasional di Indonesia.

Baca Juga :  Kampung Wakaf : Inisiatif Untuk Kekalkan Kebaikan serta Tingkatkan ketahanan Pangan Berbasis Lahan Wakaf

Kepala Perpustakaan SMA YPHB, Drs. H. Tri Suharnomo, M.M, mengungkapkan bahwa ada 11 program dan inovasi yang dilakukan oleh perpustakaan mereka. Beberapa di antaranya adalah Library Student Community (LSC), program wajib baca artikel untuk guru dan karyawan, program nonton bareng (Nobar), dan promosi perpustakaan berbasis digital.

Dengan berbagai program dan inovasi tersebut, SMA YPHB berharap dapat terus meningkatkan kualitas dan peran perpustakaan dalam mendukung pendidikan serta menjadi contoh bagi perpustakaan sekolah lainnya di Indonesia.