Akhirnya Jaro Ade Tahu Siapa Lawan di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

0
JARO ADE
FOTO : IST

NARASITODAY.COM Akhirnya, Jaro Ade pun memiliki lawan saat kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor 2024 November nanti. Partai Gerindra lebih memilih Rudy Susmanto bukan ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan meskipun pernah menjadi bupati Bogor.

“Tidak ada pertemanan yang abadi, pribahasa populer dalam politik ini nampaknya mendekati kebenaran menjelang Pilkada Kabupaten Bogor. Ketika dihadapkan kepada kepentingan kekuasaan, siapapun bisa bertarung,” ujar pengamat politik dan kebijakan publik, Yusfitriadi.

Semua tahu, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dibangun para elit politik di pusat rupanya tidak berlaku untuk di daerah tingkat provinsi maupun kota/ kabupaten.

“Kita semua tahu bagaimana harmonisnya Partai Golkar dan Partai Gerindra Kabupaten Bogor yang begitu kompak dan heroik dalam memenangkan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024. Tapi, di Pilkada Kabupaten Bogor 2024 harus berhadapan dan bertarung,” tuturnya.

Baca Juga :  Tengah Asik Main Slot di Warung Kopi, Tiga Pemuda Diamankan Polisi

Kedua DPP partai besar sudah memberikan surat tugas secara resmi kepada masing-masing kader terbaiknya untuk sama – sama mejadi calon bupati Bogor.

“Kondisi ini sekaligus menjawab rasa penasaran publik selama ini, yang meunggu – nunggu teka – teki siapa kader Gerindra Kabupaten Bogor yang akan mendapatkan restu Prabowo,” kata pria yang akrab disapa Bang Yus.

Dengan terjawabya teka-teki tersebut, maka semakin jelas dinamika dan eskalasi politik serta peta pertarungan pada pilkada 2024 di Kabupaten Bogor November mendatang.

“Dengan ditugaskannya Rudi Susmanto untuk menjadi calon bupati Bogor 2024, maka akan berdampak pada eskalasi politik di Kabupaten Bogor,” kata Bang Yus.

Baca Juga :  Sulhajji Jompa Mulai Mesra Dengan PDIP, Sinyal Kuat Maju Bupati Bogor 2024

Bang Yus menjabarkan, pertama, potensi head to head, antara Jaro Ade dengan Rudy Susmanto akan terjadi, mengingat KIM pecah diberbagai daerah termasuk di Kabupaten Bogor.

“Karena pada pilkada Kabupaten Bogor 2024 ini, sudah hampir dipastikan tidak ada pasangan calon dari jalur perseorangan,” kata Bang Yus.

Sedangkan kekuatan partai politik yag lain sejak awal orientasinya hanya terkonsentrasi untuk merapak kepada kedua kekuatan politik tersebut, dalam konteks pencalonan bupati pada Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

“Yang terjadi berikutnya adalah, kedua calon ini (Jaro Ade dan Rdy Susmanto) akan berlomba – lomba mencari pendamping atau calon wakil bupati,” ucapnya.

Baca Juga :  Hasil Survei Calon Bupati Bogor Jaro Ade Makin Melambung, Ini Paparan Indikator

Tentunya, sisa waktu satu bulan lebih ini, akan dimanfaatkan Jaro Ade dan Rudy Susmanto untuk mencari pasangan calon wakil bupati sebelum mendaftarkan ke KPU.

“Ada beberapa nama bakal calon wakil bupati  yang sudah santer seperti, Elly Yasin, Rike Iskandar, Agus Salim, Ade Wardana, Sulhaji dan satu lagi dari birokrat yang akhir Juli ini pensiun,” ujar Bang Yus.

Dimata pengamat politik ini, hanya dua calon wakil bupati Bogor yang cukup kuat yakni, Elly Yasin karena sudah dapat restu dari PPP dan Agus Salim yang diusung PKS.

“Sedangkan bakal calon wakil bupati Bogor yang lainnya belum memiliki kekuatan, karena belum ada partai politik yang mengusungnya,” pungkasnya. ***