Tips Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

0
Ilustrasi cat rambut

NARASITODAY.COM Dalam upaya menjaga kebesihan setelah mewarnai rambut Meskipun begitu, terkadang banyak orang mengalami kesulitan untuk menghilangkan noda cat rambut yang menempel ditangan dan itu menjadi tantangan.

mungkin akan selalu ada bekas cat rambut di tangan dan jari-jari yang tak disengaja. Tapi, jangan khawatir karena cat rambut di kulit bisa hilang.

Cara Menghilangkan Bekas Cat Rambut di Tangan

berikut adalah beberapa cara menghilangkan cat rambut di tangan dan kulit lainnya dengan cepat:

  1. Elap dengan Air Hangat

Setelah cat rambut menetes tangan atau di kulit, dan kamu bisa dengan cepat mengelap menggunakan air hangat dan bola kapas maka kemungkinan besar pewarna rambut tidak akan menyerap ke kulit.

Karena sebagian besar pewarna rambut memerlukan waktu beberapa menit untuk menyerap dan mengering. Makanya, solusi terbaik untuk menghilangkan cat rambut permanen pada kulit yaitu dengan membersihkannya sebelum tetesan mengering.

  1. Gunakan Soda Kue atau Sabun Muka

Bahan dasar soda dan sabun muka tidak terlalu keras, sehingga bisa digunakan sebagai agen alternatif dalam cara menghilangkan pewarna rambut di tangan.

Baca Juga :  Sepele! Ternyata Labu Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Lho

Tapi, bagi kulit yang sensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan cara ini. Apabila bagian kulit yang dibersihkan berubah warna menjadi merah atau terasa tidak nyaman, maka segera berhenti menggunakan metode ini.

  1. Gosok dengan Minyak Alami atau Pelembap

Minyak zaitun, minyak kelapa, atau pelembap yang berbahan dasar minyak atau petroleum jelly bisa digunakan untuk menghilangkan cat rambut di kulit.

Penggunaanya bisa didasarkan lewat jenis pewarna rambut. Produk berbahan dasar minyak bisa berfungsi untuk mengurai bahan dasar pewarna rambut, serta menghilangkan noda warna dari kulit.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan bekas pewarna rambut di kulit dengan minyak alami:

Gunakan bola kapas atau handuk untuk yang telah dikasih minyak atau pelembap selama beberapa menit.

Gosok secara halus bagian kulit yang terkena pewarna rambut.

Kemudian bilas dengan air hangat.

Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa mengulanginya lagi. Lalu, biarkan minyak menyerap selama beberapa menit sebelum dibersihkan kembali.

  1. Gunakan Cairan Penghilang Kutek (Nail Polish Remover)

Cara menghilangkan bekas cat rambut di tangan selanjutnya bisa dengan cairan penghilang kutek yang mengandung asetat.

Baca Juga :  Cara Praktis Konsumsi Tempuyung: Dari Teh Sehat hingga Sayur Bening

Perlu dicatat, bahan ini hanya bisa dipakai di tangan dan bagian lain (selain di muka). Pasalnya, cairan ini mengandung bahan yang terlalu keras untuk kulit wajah. Apalagi kalau kulit wajahnya sensitif.

Pertama-tama, cobalah teteskan sedikit pada tangan.

Kemudian aplikasikan dengan bola kapas.

Cuci dengan air hangat untuk membersihkan bekas cat rambut dan cairan berlebih.

  1. Produk Penghilang Warna Rambut

Banyak juga salon yang memiliki produk penghilang warna rambut di tangan. Nah, kamu bisa membeli produk formula penghilang warna rambut tersebut dari beberapa salon rambut dan apotek. Pastikan kamu mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan ya.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kandungan sodium lauryl sulfate atau SLS (bahan yang mampu menstabilkan campuran minyak dan air di dalam suatu produk). Kandungan tersebut mampu membantu menghilangkan bekas cat rambut di tangan dan kuku.

Berikut langkah-langkah menghilangkan bekas cat rambut di tangan dengan pasta gigi:

Oleskan pasta gigi ke aera tangan yang terkena cat rambut.

Baca Juga :  Diguyur Hujan 3 Jam Sungai Cidangdeur Meluap Warga Was-was

Diamkan sekitar 1 menit.

Kemudian, bilas dengan air hangat atau bersihkan pakai kain yang sudah dibasahi air hangat.

  1. Sampo

Salah satu cara menghilangkan bekas cat rambut di tangan dan kuku lainnya bisa dengan sampo. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu busakan dan gosokkan pada kulit yang terkena bekas cat.

Untuk perawatan harian, sebaiknya kamu memilih sampo yang memang dirancang untuk rambut yang diwarnai.

  1. Gunakan Pembersih Wajah (Cleansing Balm)

Pembersih wajah bertekstur melting cream seperti milk cleanser dan cleansing balm bermanfaat untuk menghilangkan bekas cat rambut di tangan dan kuku.

Kamu hanya perlu mengoleskannya pada tangan dan kuku yang terkena cat, lalu gosok lembut dengan kapas. Oil-based cleanser dengan tekstur tersebut mampu membersihkan kulit secara mendalam.

Perlu dicatat, tetaplah berhati-hati dalam membersihkan area mata untuk jika ingin menggunakan cara di atas.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan produk-produk atau metode cara menghilangkan cat rambut di tangan/kulit.

Jika kamu mengalami ketidaknyamanan atau iritasi selama proses pembersihan, segeralah pergi ke dokter.***