Mengurangi Stres Dengan Sentuhan: Penemuan Unik Dari Seorang Profesor

0
Ilustrasi kayu

NARASITODAY.COM –   kayu yang biasa jadi Bahan matrian yang dan bisa dibuat untuk membangun rumah,perabotan atau funitur lainnya. Ternyata  bisa berdapak positif  bagi kesehatan.

Seorang profesor menjelaskan bahwa interaksi langsung dengan bahan alami seperti kayu dapat memberikan efek menenangkan bagi pikiran dan tubuh dengan cara menaruh atau menyentuh tangan dipermukaan kayu.

Profesor Baroness Kathy Willis dari University of Oxford menerangkan bahwa mengelus kayu rasanya seperti sedang membelai anjing atau kucing.

Baca Juga :  Tempuyung: Tanaman Liar dengan Segudang Manfaat Kesehatan, Terutama untuk Ginjal!

“Cara ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, dibandingkan dengan membelai marmer atau besi, meskipun temperatur permukaannya sama,” ujar Baroness, seperti dikutip dari Female First.

Dia melanjutkan, “Jika kamu pernah datang ke toko perangkat rumah dan melihat orang-orang ke bagian dapur, mereka selalu mengelus bangku taman. Secara tidak sadar kita melakukannya untuk mengetahui bagaimana rasanya.”

Baca Juga :  Rumpin Menjadi Jalur Peralihan Truk Tambang Akibat Perbaikan Jalan di Parung Panjang

Baroness kembali menjelaskan bahwa sebagian besar efek relaksasi itu berasal dari aroma yang dikeluarkan dari kayu. Bahkan aromanya masih tercium beberapa dekade setelah pohon ditebang.

“Panel kayu di kantor, ruang sekolah, dan rumah mengeluarkan aroma khas ini. Aroma itu bertahan selama bertahun-tahun,” tuturnya.

Baca Juga :  Lima Kebiasaan Tanpa Disadari Bikin Badan Jadi Gemuk 

Banyak pula studi yang menunjukkan bahwa ‘forest bathing’ -jalan-jalan di taman atau hutan- dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penemuan ini diharapkan dapat memeberikan alternatif yang sederhana namun efektif bagi banyak orang dalam mengelola stres dan meningkatkan kesehatan mental.***