Ketindihan Saat Tidur: Fakta Ilmiah Atau Fenomena Mistis?

0
Ilustrasi sleep paralysis

NARASITODAY.COM – Pernahkah anda mengalami fenomena yang menyeramkan saat tidur, yaitu ketindihan atau sleep paralysis? Fenomena ini sering disebut “ketindihan”  mahkluk halus,tetapi sebenarnya, ilmu pengetahuan telah menjelaskan sebagai sleep paralysis.

Apa itu sleep paralysis?

Sleep paralysis kelumpuhan tidur yang sering terjadi pada menderita nakolepis. dan kondisi fase ini terdalam dalam tahapan tidur, ketika mimpi dimungkinkan untuk terjadi.

Baca Juga :  Hari Bakti Dokter Indonesia Ke-116, RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi Kepada Santri Pesantren Raudhatul Ulum

“Jadi waktu otot relaksasi maksimal, kita bangun makanya kita ngga bisa gerak. Kadang dibarengi dengan halusinasi,” jelas dr Daniel saat ditemui detikcom di Tangerang, Kamis (19/9/2024).

Menurut dr Daniel, sleep paralysis relatif tidak berbahaya. Kalaupun disebut sebagai penyakit, kondisi ini digolongkan sebagai gangguan tidur parasomnia.

Baca Juga :  Satyalancana Karya Satya Kado Istimewa Direktur RSUD Leuwiliang di Hari Ulang Tahun RI Ke-79

“Biasanya mengganggu aktivitas sehari-hari karena konsentrasinya terganggu, kualitas tidurnya terganggu,” jelas dr Daniel.

Soal kesan mistis seperti dirasakan banyak orang yang mengalami ketindihan, dr Daniel memastikan sleep paralysis umumnya tidak berlangsung lama. Beberapa saat setelah terbangun, kondisi tubuh akan kembali normal.

Baca Juga :  Jalan kaki untuk perut buncit: apa kata pakar diet?

“Nggak usah panik, Rapid Eye Movement (REM) hilang, maka bakal hilang sendiri, rileks, santai saja,” tandasnya.***