Kalah 1-2 dari China, Shin Tae-yong Mendeskripsikan Performa Lawan yang Lebih Ngotot

0
Ilustrasi Kalah 1-2 dari China

NARASITODAY.COM Timnas Indonesia mengakhiri matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan kekalahan tipis 1-2 dari timnas China. Pertandingan yang berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024, menunjukkan performa lawan yang lebih ngotot daripada yang dinanti-nanti.

China merebut kemenangan berkat gol Behram Abduweli pada menit ke-21 dan Zhang Yuning pada menit ke-44. Sedangkan gol tunggal Indonesia dicipta Thom Haye pada menit ke-86, sebuah upaya keras untuk memperkecil ketertinggalan.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, mengkritik performa timnya sendiri dan mengapresiasi gaya bermain lawan. “Kami tidak menduga taktik yang diterapkan Cina,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai laga. “Mereka memainkan taktik klasik seperti bola-bola panjang, dengan kick and rush. Bagaimanapun itu mungkin merupakan alasan kami kalah pada hari ini.”

Baca Juga :  Jay Idzes Ungkap Kekecewaan Usai Pertandingan: “Kami Layak Menang Melawan Bahrain”

Menurut Shin, China menampilkan kinerja yang lebih solid dan efektif dalam menghadapi serangan Garuda. “Meskipun kami unggul dalam ball possession sebanyak 76%, tapi kami gagal memanfaatkan peluang dengan baik,” ujar Shin. “Lawan kami lebih bisa memanfaatkan peluang dengan baik, sehingga mereka berhasil mencetak dua gol.”

Baca Juga :  Akibat Curah Hujan dan Getaran Gempa Akses Jalan Bogor-Sukabumi di Citalahab Sempat Tertutup Longsor

Performa defensif China pun tampak lebih kuat, dengan hanya melepaskan empat tembakan yang mengarah ke gawang, dua di antaranya berbuah gol. Di sisi lain, Timnas Indonesia mencatat total 14 kali tembakan, namun hanya enam di antaranya tepat sasaran.

“Selama saya menonton pertandingan ini, saya melihat bahwa lawan kami benar-benar ngotot dan fokus dalam setiap momen,” tambah Shin. “Hal ini membuat kami harus berjuang keras untuk menciptakan kesempatan yang signifikan.”

Baca Juga :  Jaro Ade Didampingi Chopra Berkunjung ke Persikabo, Ini Yang Dibahas

Dengan kekalahan ini, posisi Timnas Indonesia di klasemen Grup C tetap stabil di peringkat kelima dengan tiga poin. Namun, pelatih Korea Selatan ini cukup optimis bahwa pasukannya akan tampil lebih baik dalam pertandingan-pertandingan mendatang. “Ini bukanlah akhir, maka kami akan mempersiapkan diri dengan lebih baik agar pada pertandingan berikutnya kami dapat memperlihatkan penampilan yang lebih baik,” ucap Shin.

kemenangan dramatis China atas Timnas Indonesia menegaskan lagi betapa kompleksnya tantangan dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2026.***