Lidah Mertua, 5 Manfaatnya untuk Kesehatan dan Lingkungan yang Patut Diketahui

0
Ilustrasi Lidah mertua

NARASITODAY.COM Dracaena trifasciata adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Asparagaceae, berasal dari Afrika Barat tropis dari Nigeria timur hingga Kongo. Tanaman ini paling dikenal sebagai tanaman ular, pedang Saint George, lidah ibu mertua, dan rami tali busur ular berbisa, di antara nama-nama lainnya.

tanaman ini telah menjadi pilihan populer di kalangan pecinta tanaman hias karena keindahan daunnya yang tegak dan berbentuk pedang, serta kemampuannya untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi lingkungan.

Namun, kelebihan lidah mertua tidak hanya sebatas penampilannya yang menarik, tanaman ini juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Baca Juga :  Rahasianya 10 Manfaat Rebusan Kulit Petai yang Patut Dipahami

Salah satu manfaat utama dari lidah mertua adalah kemampuannya dalam:

1. Penghasil Oksigen

Lidah mertua dikenal sebagai salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik. Tanaman ini melakukan fotosintesis dengan cara unik, menghasilkan oksigen bahkan di malam hari, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

2. Mengatasi Polusi Udara

Tanaman ini efektif dalam menyerap polutan berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan xilena dari udara. Penelitian NASA menunjukkan bahwa lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan mengurangi kadar racun.

Baca Juga :  Pelaku Pencuri Terong di Leuwisadeng Dihajar Warga

3. Efektif Menyerap Karbon Dioksida

Lidah mertua mampu menyerap karbon dioksida (CO2) secara signifikan. Dengan menempatkan beberapa tanaman ini di rumah atau kantor, Anda dapat membantu mengurangi kadar CO2 yang dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas.

4. Menangkal Radiasi

Dengan banyaknya perangkat elektronik di sekitar kita, lidah mertua dapat berfungsi sebagai perisai alami terhadap radiasi yang dipancarkan oleh perangkat tersebut. Menempatkan tanaman ini di dekat komputer atau televisi dapat membantu mengurangi dampak negatif radiasi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Mengolah Daun Kelor untuk Menjaga Kadar Kolesterol dan Asam Urat

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Keberadaan tanaman hijau seperti lidah mertua di dalam rumah dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman dapat mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi, menjadikannya tambahan yang baik untuk lingkungan kerja atau rumah.

manfaat ini, tidak heran jika lidah mertua semakin populer sebagai pilihan tanaman hias di rumah dan kantor. Selain menambah estetika ruangan, tanaman ini juga berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.***