Apple Menang Gugatan Paten Terhadap Masimo, Namun Tanpa Keuntungan Besar

0

NARASITODAY.COMApple berhasil memenangkan kasus paten melawan perusahaan perangkat, Masimo, pada Jumat (27/10). Juri federal memutuskan bahwa desain smartwatch Masimo melanggar hak paten milik Apple.

Namun, kemenangan ini tidak menghasilkan keuntungan finansial besar bagi Apple, yang hanya menerima kompensasi minimum sebesar $250, sesuai permintaan perusahaan.

Menurut laporan Bloomberg Law sebagai mana di lansir dari techcrunt, Apple lebih fokus untuk mengakhiri penggunaan desainnya oleh Masimo daripada keuntungan finansial.

“Kami di sini bukan untuk uang,” ujar pengacara Apple, John Desmarais, di hadapan juri.

Baca Juga :  ZTE Siapkan Kejutan Baru di Pasar Smartphone: REDMAGIC 10 Pro dan 10S Pro Segera Hadir!

Ia menyatakan bahwa perusahaan teknologi tersebut berharap dapat menghentikan Masimo dari “menyalin desain kami.”

Masimo, di sisi lain, menyebut keputusan juri sebagai kemenangan bagi perusahaan. Menurut Masimo, putusan tersebut hanya berlaku untuk produk lama mereka, seperti model smartwatch Masimo W1 Freedom dan modul kesehatan beserta pengisi dayanya yang sudah dihentikan produksinya.

“Putusan juri merupakan kemenangan bagi Masimo dalam masalah ini,” ujar perusahaan dalam sebuah pernyataan, menegaskan bahwa produk mereka yang ada di pasaran saat ini tidak terdampak.

Baca Juga :  Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Prima

Gugatan ini merupakan bagian dari perseteruan hukum panjang antara kedua perusahaan, yang awalnya dipicu oleh klaim Masimo atas dugaan pelanggaran paten oleh Apple.

Masimo mengklaim fitur oksimetri pada Apple Watch melanggar hak paten mereka, memungkinkan pengguna memonitor kadar oksigen dalam darah.

Hal ini mendorong Komisi Perdagangan Internasional (ITC) melarang impor model Apple Watch dengan fitur oksimetri tersebut di Amerika Serikat, meskipun Apple telah menonaktifkan fitur tersebut di Seri 9, Ultra 2, dan Seri 10 yang baru.

Baca Juga :  Android 15 Resmi Rampung, Tapi Belum Siap untuk Pengguna: Inilah Rangkuman Berita Google Pekan Ini

Walaupun demikian, Desmarais menekankan bahwa fitur oksimetri nadi tersebut “tidak ada hubungannya dengan kasus ini,” menggarisbawahi bahwa fokus utama Apple dalam persidangan ini adalah penghentian pelanggaran desain oleh Masimo.

Sidang ini menjadi babak terbaru dalam persaingan ketat antara kedua perusahaan, dengan Apple masih berupaya melindungi desain dan inovasi teknologinya dari dugaan pelanggaran di pasar perangkat medis.***