BRI Menanam: Program Pelestarian Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Nanggung

0
BRI Menanam: Program Pelestarian Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Nanggung

NARASITODAY.COM – Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung perekonomian masyarakat melalui program BRI Menanam – Grow & Green.

Program ini bertujuan menanam pohon produktif di lahan-lahan kritis, yang tak hanya mengurangi dampak buruk seperti banjir, longsor, dan kekeringan, tetapi juga berkontribusi dalam penurunan emisi karbon dan adaptasi perubahan iklim.

Salah satu wujud nyata program ini terlihat di Kampung Pabangbon, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Di sinilah, Hidayatullah, Mantri BRI Unit Leuwiliang, terlibat langsung dalam kegiatan penanaman pohon bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) setempat yang diketuai oleh Rasman.

Baca Juga :  Hari Pertama Puasa Jalan Raya Lukut Nanggung Macet Total, Puluhan Warga Berburu Kuliner Sambil Ngebuburit

Dengan jumlah anggota aktif mencapai 175 orang, KTH ini telah berhasil menanam 5.000 pohon buah di kawasan tersebut.

Langkah ini menjadi salah satu upaya besar untuk memperbaiki kondisi alam dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan asri.

Rasman, Ketua KTH Pabangbon, menilai program ini sebagai langkah positif untuk masa depan.

Program ini bagus sekali, bukan hanya untuk kita sekarang, tapi juga untuk anak cucu kita nanti.
Kita ingin pola pikir masyarakat berubah, agar generasi mendatang tetap bisa menikmati alam yang hijau dan sejuk,” ungkapnya.

Tidak hanya Rasman, Asti, salah satu anggota KTH, juga menuturkan harapannya.

Baca Juga :  Dugaan Pemerasan ASN Terhadap PKL di Puncak Bogor: Bayar Rp255 Juta, Tetap Digusur!

“Mudah-mudahan dengan ditanamnya ribuan pohon buah di kampung kami, manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Selain membantu lingkungan, ini juga bisa meningkatkan penghasilan kami sebagai petani,” tuturnya.

Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BRI yang berfokus pada pemulihan ekosistem.

Adi Rifqi Husada, perwakilan CSR BRI, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen BRI untuk memulihkan dan melestarikan ekosistem yang terdegradasi akibat perubahan kondisi alam.

Hidayatullah, Mantri BRI yang turut serta dalam kegiatan tersebut, merasa bangga bisa ambil bagian.

Kata dia Program BRI Menanam – Grow & Green, dengan berbagai dampak positifnya, menjadi langkah nyata Bank BRI dalam menjaga keseimbangan antara lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Bayi Tak Berdosa Ditemukan di Tempat Pembuangan Sampah

Harapannya, inisiatif ini bisa terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk menjaga alam demi generasi mendatang.

Program Grow & Green ini sangat luar biasa. Dengan menanam pohon, kita tidak hanya memberikan kehidupan pada alam, tetapi juga mengundang alam untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kita. Saya pribadi merasa sangat terkesan, terutama saat ikut survey hingga penanaman pohon. Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga,” pungkasnya.***