Fakta Menarik:Minum 2-3 Cangkir Kopi Hitam Dapat Mencegah Diabetes!

0
Ilustrasi biji kopi

NARASITODAY.COMBanyak orang mengadalkan kopi sebagai penyemangat dipagi hari, namun tahu kah kalian mengkonsumsi kopi dapat memilik manfaat kesehatan? Penelitian mengungkapkan minum 2-3 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan diabetes.

Selain itu kafein pada kopi dapat menstimulasi sistem saraf pusat dan berfungsi mendokrak fungsi otak dan tubuh.

“Ini (kafein) akan meningkatkan tingkat energi Anda, dan juga dapat mengurangi rasa lelah,” kata pakar diet dari New York University Lisa Young, PhD, dikutip dari Today, Rabu (18/9/2024).

Selain itu, kopi hitam juga mengandung antioksidan, kalsium, magnesium, niasin, fosfor, dan folat.

Penelitian pun menunjukkan kopi hitam memberikan dampak positif terhadap kesehatan jantung, otak, penurunan berat badan, dan suasana hati.

Manfaat kopi hitam juga tidak hanya sebatas itu saja. Studi terbaru yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada 2024 menemukan asupan kafein dalam jumlah sedang dapat melindungi dari risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Baca Juga :  Cara Praktis Konsumsi Tempuyung: Dari Teh Sehat hingga Sayur Bening

Lantas, apakah harus mengonsumsi kopi hitam sepanjang hari untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut?

Ternyata, tidak juga. Peneliti mengungkapkan jumlah ideal untuk mengonsumsi kopi hitam adalah dua hingga tiga cangkir per hari.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan umur panjang dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Manfaat ini berlaku baik bagi orang dengan dan tanpa penyakit jantung.

Lebih lanjut, mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko penyakit kardiometabolik hingga 50 persen. Penyakit kardiometabolik adalah kondisi ketika seseorang mengidap setidaknya dua dari tiga penyakit, yaitu diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, atau stroke.

Baca Juga :  Ketindihan Saat Tidur: Fakta Ilmiah Atau Fenomena Mistis?

Penelitian lain juga menunjukkan mengonsumsi satu cangkir kopi atau lebih dalam sehari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung.

  1. Menurunkan Risiko Kematian

Mengonsumsi kopi tanpa gula dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Penelitian menunjukkan konsumsi 1,5 hingga 3,5 cangkir kopi tanpa gula sehari dapat menurunkan risiko kematian 16-21 persen.

Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan risiko penyakit hati dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi kopi berkafein dalam jumlah sedang juga dapat membantu mengelola berat badan.

Sebuah studi pada 2023 menyebut kopi memiliki efek ‘anti-obesitas’. Penelitian itu menemukan ketika orang yang jarang minum kopi meningkatkan asupannya hingga tujuh cangkir seminggu, ia dapat mengalami penurunan lemak tubuh total.

Baca Juga :  Mengurangi Stres Dengan Sentuhan: Penemuan Unik Dari Seorang Profesor

Young mengatakan peminum kopi juga cenderung lebih aktif secara fisik.

“Mungkin mereka punya lebih banyak energi untuk berjalan atau berolahraga, sehingga bisa jadi ada efek semacam itu,” ucapnya.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah studi pada 2021 menunjukkan konsumsi empat hingga enam cangkir kopi dapat mengurangi risiko stroke dan demensia.

Tak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan suasana hati.

“Dalam dosis rendah, kafein dapat membantu mengatasi depresi,” tutur ahli saraf dari St Peter’s Health Medical Group di Montana, dr Nicole Clark. Dengan demikian ,bagi pencinta kopi ini bisa menjadi alasan tambahan untuk menikmati secangkir kopi setiap hati tetapi sambil memperhatikan pola makan dan kebiasaan sehat lainnya***