Insiden Ricuh Usai Laga Persib vs Persija: PT LIB Beri Penjelasan

0
Ilustrasi Insiden Ricuh Usai Laga Persib vs Persija PT LIB

NARASITODAY.COM – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan penjelasan resmi terkait insiden ricuh yang terjadi usai laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat pada 23 September 2024.

Direktur Operasional LIB, Asep Saputra, menegaskan bahwa pihaknya sangat menyesalkan kerusuhan yang melibatkan oknum suporter yang masuk ke lapangan dan menyerang petugas keamanan.

Ia menyebut tindakan tersebut sebagai insiden memalukan yang merugikan klub serta merusak citra sepak bola nasional.

PT LIB berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak terkait guna mengusut tuntas kejadian ini dan menjatuhkan sanksi tegas kepada semua yang terlibat.

Baca Juga :  Calon Bupati Bogor Jaro Ade, Saatnya Kabupaten Bogor Swasembada Pangan

Asep juga mengimbau kepada seluruh suporter untuk menjaga ketertiban dan sportivitas dalam mendukung tim kesayangan mereka, agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

“Saya mau mengomentari yang kaitannya dengan ranah kita, laga Persib vs Persija. Kalau dari jalannya pertandingan dari kick off pertama sampai terakhir itu berjalan mulus dan tak ada hambatan. Bahwa ada 2 kartu merah itu berdasarkan kejadian yang sesuai kita lihat.”

“Setelah itu, ada beberapa kejadian yang sampai jadi viral. Nah berdasarkan fakta-fakta tadi, liga memang sangat perlu memanggil pihak-pihak terkait terutama ranah kita.

Baca Juga :  Empat Warung PKL di Parungpanjang Terbakar, Kerugian Capai 50 Juta Rupiah

Dalam arti manajemen Persib, apalagi pemanggilan yang kita lakukan jangan disalahartikan melebihi dari kewenangan yang kita punya,” lanjutnya.

“Saya dari liga bersama PSSI selalu mengikuti setiap kejadian yang ada di pertandingan-pertandingan sepakbola. Dari pertemuan yang kita lakukan ada dua. Pertama tanggal 25 September, sebenarnya kami panggil seluruhnya, ada delapan personel yang hari ini hadir, kemarin ada tiga dari suporter.”

Dalam pemanggilan manajemen dan suporter tersebut, Ferry sekaligus menegaskan bahwa LIB dalam status mengklarifikasi, bukan investigasi. “Layaknya orang tua kepada anak untuk meminta beberapa klarifikasi.

Baca Juga :  Kendala Lampu Merah di Jalan Pahlawan Karang Asem Barat, Bogor, Warga Harapkan Perbaikan Segera

Persisnya memang ada ketegangan yang dialami pada waktu Persib lawan Port FC.Karena kalah suporter ada kekecewaan yang berlebihan, sampai ada insiden masuk ke lorong, masuk ke area steril.

Tapi lagi-lagi kami tak punya kewenangan untuk melakukan sanksi karena itu milik dan ranah AFC.”

“Nah, dari kejadian-kejadian tadi pertandingan tanggal 23 September harus ada klarifikasi. Layaknya orang kecewa, terakumulasi-lah, pelampiasannya di laga Persib dan Persija.

Lagi-lagi saya garis bawahi pertandingan berjalan baik, tidak ada gangguan sampai menit ke-90 plus plus.”

“Kami juga sudah menghitung setelah semuanya clear. ***