Pamijahan Catatkan Kasus Stunting Tertinggi, Pemkab Bogor Lakukan Penanganan Khusus

0
Pamijahan, sebuah kecamatan di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor, mencatatkan jumlah kasus stunting yang sangat tinggi (foto dok/ MAN narasitoday.com)

NARASITODAY.COMPamijahan, sebuah kecamatan di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor, mencatatkan jumlah kasus stunting yang sangat tinggi.

Berdasarkan data terbaru, lebih dari 500 balita di wilayah ini terdampak stunting, membuatnya menjadi wilayah dengan kasus stunting terbanyak di Kabupaten Bogor.

Pejabat Bupati Bogor, Bachril Bakri, bersama jajarannya, turun langsung ke Pamijahan pada Kamis (3/10/2024) untuk meninjau kondisi dan memberikan bantuan kepada ratusan balita yang terindikasi stunting.

Baca Juga :  Nino RAN dan Dhabitannisa Auni Resmi Menjadi Suami Istri: Akhir Dari Pertanyaan Kapan Nikah 

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan penanganan khusus dan menurunkan angka stunting di wilayah tersebut.

“Kecamatan Pamijahan adalah wilayah dengan jumlah kasus stunting paling tinggi, mencapai 502 balita,” kata Bachril kepada wartawan.

Dalam kunjungannya, Bachril tidak hanya datang untuk memantau, tetapi juga membawa bantuan berupa sembako dan makanan bergizi seperti telur, susu, dan roti.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan gizi anak-anak yang terkena dampak stunting.

Baca Juga :  Cabup dan Cawabup Bogor Nomor Urut 01 Prioritaskan Infrastruktur Demi Majukan Pariwisata

“Saya datang langsung ke sini untuk memberikan bantuan agar kita bisa menekan angka stunting di Kecamatan Pamijahan,” tambahnya.

Selain memberikan bantuan, Bachril juga menyatakan akan melibatkan berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), untuk berfokus pada pemberian makanan bergizi kepada anak-anak yang terindikasi stunting.

“Kita akan bekerja sama untuk menekan angka stunting dengan memberikan tambahan gizi. Selain itu, kami juga akan membangun rumah cegah anak stunting di Kabupaten Bogor untuk membantu mengatasi masalah ini,” tutupnya.

Baca Juga :  Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian di Kabupaten Bogor

Langkah ini bukan pertama kali dilakukan oleh Bachril. Sebelumnya, ia juga menerapkan pendekatan serupa di Kabupaten Sarolangun, yang berhasil menurunkan angka stunting di wilayah tersebut.

Kini, ia berharap pendekatan serupa bisa diterapkan di Kabupaten Bogor, terutama di wilayah Pamijahan yang menjadi fokus utama penanganan stunting.(Man)