Pemdes Cimanggu II, Sulap Selokan Jadi Kolam Ikan

0
Pemdes Cimanggu II , Sulap Selokan Jadi Kolam Ikan

NARASITODAY.COM – Selokan yang berada di tengah permukiman penduduk di Kampung Cimanggu RW 2, Desa Cimanggu II, Kecamatan Cibungbulang yang semula kotor, kini berubah 180 derajat menjadi selokan yang bersih bahkan bisa digunakan untuk budi daya ikan.

Pembuatan kolam ikan di saluran ini tujuannya untuk memberikan edukasi kepada warga, yang nantinya akan menjadi tempat wisata. Kedepan lokasi ini akan menjadi wisata edukasi dan dilengkapi dengan Kampung Warna Warni.

Baca Juga :  Melalui Rakor RB, Pj. Bupati Bogor Canangkan Zona Integritas, Dorong Birokrasi yang Lebih Baik

“Selain menjadikan objek wisata, budidaya ikan tersebut memiliki nilai jual,” Tujuan utama kita yakni merubah pola fikiran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan khususnya selokan rumah,” ujar Edi Sukarya.

Kedepannya, saluran irigasi yang disulap menjadi kolam budidaya ikan sepanjang 400 meter bakal dihiasi dengan Grafiti menjadi Kampung warna warni .

Selain lingkungan jadi lebih sehat karena air terbebas dari limbah sampah rumah tangga. Ikan yang dibudidaya di aliran air mengalir ini seperti ikan mas , nila dan gurame juga lebih cepat tumbuh besar dan warga bisa panen ikan lebih cepat.

Baca Juga :  UMKM Desa Cibatok I Tidak Dapat Bantuan Pasca Bencana, Ketua Forum UMKM: Kami Harus Bertahan Sendiri

“Tentunya, banyak warga yang datang ke lokasi ini untuk sekedar melihat ikan, memberi makan ikan bahkan untuk sekedar jalan sore sambil menghilangkan rasa pengat,” ujarnya

Ia mengungkapkan saat ukuran ikan hasil budidaya sudah besar bisa di pasaran ke masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

Hasil penjualan ikan ini dibagikan pada warga untuk membantu perekonomian dan pengembangan wilayah.

Baca Juga :  Berjuang Bersama Sahabat HM Menangkan Pasangan Rudy Susmanto - Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

Untuk sumber air dari saluran DIY Rangga Gading yang ketika musim kemarau tidak kekeringan. Selain itu diatur juga sirkulasi air nya dan jaring sampah sehingga air bersih dan ikan sehat.

“Banyak manfaatnya selain merubah pola fikir masyarakat untuk tidak membuang sampah dan limbah ke selokan . Tujuannya tak lain ketahan pangan di Desa terjaga dan masyarakat Sejahtera ,” tukasnya.(Ad/As)