Menjelajahi 4 Kampung Batik Jogja: Destinasi Wisata Edukasi Menarik Untuk Belajar Membatik

0
Ilustrasi belajar membatik

NARASITODAY.COM – Jogja, sebuah kota yang terkenal dengan kebudayaanya yang kaya, kini menawarkan 4 kampung batik yang menjadi destinasi wisata edukasi yang menarik.

  1. Kampung Batik Giriloyo
Ilustrasi Kampung Batik Giriloyo

Kampung batik Giriloyo adalah salah satu kampung batik yang sangat populer di Jogja. Wisatawan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan seputar batik tulis

Pasalnya, hampir 90 persen masyarakat di kampung ini bermata pencaharian sebagai pengrajin batik. Daerah yang menjadi sentra kerajinan batik tulis ini berada di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY.

  1. Kampung Batik Ngasem
Baca Juga :  Keindahan dan Potensi Wisata di Desa Cileuksa 
Ilustrasi Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem lebih berfokus pada kegiatan jual beli pakaian batik. Namun, jika tertarik mempelajari cara membuat batik secara langsung, pengunjung bisa melihat proses pembuatannya. 

Pengrajin di kampung ini cukup ramah dan tidak keberatan jika ditanya-tanya. Lokasi Kampung Batik Ngasem berada di kawasan Kraton Yogyakarta.

  1. Kampung Batik Mangunan
Baca Juga :  Pemandian Air Panas Gunung Peyek Sumber Mata Air Panas yang Alami
Ilustrasi Kampung Batik Mangunan

Dikenal memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, membuat pengunjung semakin bersemangat membatik. Tempat ini baru diresmikan pada tahun 2010 dan terletak di daerah berabah. Pengunjung dapat memilih salah satu di antara berbagai paket wisata membatik yang menarik, serta memilih sebagian besar warga di kampung ini adalh pengrajin baju.

  1. Kampung Batik Tahunan
Baca Juga :  Ingin Melepas Penat dan Bersantai Ditengah Suasana Alam yang Alami di Bogor? Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini
Ilustrasi Kampung Batik Tahunan

Kampung Batik Tahunan juga menawarkan pengalaman edukasi yang menarik dengan fokus pada kerajinan batik dan kain jumputan. pengunjung dapat melihat pembuatan kain jumputan dan pembuatan kain batik secara langsung.

Dengan mengunjungi salah satu dari 4 kampung batik ini, pengunjung tidak hanya akan memahami seni tradisional batik saja, tetapi juga dapat langsung ikut membantu dalam proses pembuatannya. ***