Simak Cara Bijak Konsumsi Antibiotik Dan Hindari Resiko Kesehatan Yang Tidak Perlu

0
Ilustrasi obat antibiotik

NARASITODAY.COMKesehatan kita sangat berguna pada cara kita mengkonsumsi obat-obatan, terutama antibiotik. Antibiotik adalah obat yang sangat penting untuk mengobati infeksi bakteri, tetapi penggunaannya harus dilakukan dengan bijak.

Jangan Sembarangan menggunakan antibiotik karena penyalah gunaannya dapat menyebabkan resistensi bakteri, yang berarti bakteri-bakteri tersebut menjadi tahan terhadap efek antibiotik. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri semakin sulit diobati.

Baca Juga :  Pohon Ceri Tumbang di Leuwiliang: Rumah Dinas Camat dan Mobil Sekcam Tertimpa

Berikut adalah tips yang dapat membantu anda menggunakan antibiotik dengan bijak:

  • Ikuti petunjuk Dokter

Jika dokter anda meresepkan antibiotik, pastikan anda mengikuti petunjuknya dengan teliti. Jangan menghentikan penggunaan antibiotik sebelum waktu yang diresepkan.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Gratiskan Layanan untuk Anggota KPPS

Antibiotik hanya efektif untuk mengobati infeksi bakteri, bukan virus.Jika anda mengalami gejala infeksi virus, seperti pilek atau flu maka antibiotik tidak dapat membantu

  • Hindari Penggunaan Antibiotik Untuk Mencegah Infeksi

Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mencegah infeksi, hanya untuk mengobati infeksi yang sudah ada.

Baca Juga :  DPD Golkar Kabupaten Bogor Sambangi Kediaman Korban KPPS yang Gugur

Antibiotik yang telah digunakan oleh anda tidak boleh dibagi kepada orang lain, bahkan jika mereka memiliki gejala yang sama. karena antibiotik memiliki efek samping berbeda-beda.

Oleh karena itu pentingnya untuk selalu berbicara dengan dokter sebelum menggunakan antibiotik dan mengikuti petunjuk dengan teliti.***