Dihadapan Calon Investor Regency Investments Summit 2024, Pemkab Bandung Dorong Peningkatan Energi Terbarukan

0
Bandung Regency Invesment Summit 2024. Foto dok ist

NARASITODAY.COM – Investasi energi terbarukan bukan hanya langkah menuju keberlanjutan, akan tetapi juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dari segi bisnis maupun perataan kemajuan ekonomi masyarakat.

Dengan dukungan kebijakan yang tepat dan inovasi teknologi, sektor ini memiliki potensi untuk tumbuh secara signifikan dan memberikan kontribusi besar terhadap mitigasi perubahan iklim dan penciptaan lapangan kerja.

Keputusan untuk berinvestasi dalam energi terbarukan adalah langkah menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Energi terbarukan menjadi salah satu fokus utama dalam Bandung Regency Invesment Summit 2024.

Asisten Daerah 2 Perekonomian Pembangunan Kabupaten Bandung, Kawalludin, menilai dengan bertemunya para pelaku bisnis untuk berinvestasi menjadi langkah nyata guna membidik sektor energi terbarukan, maupun sektor lainnya.

Baca Juga :  Pensiunan Kepala Dinas Kesehatan, Teh Mike Ikut Ramaikan Khazanah Pilkada Kabupaten Bogor 2024

Energi terbarukan ini multi benefit, kalau penggunaan energi baru dan terbarukan itu semakin banyak maka otomatis tingkat polusi yang disebabkan oleh energi fosil penggunaan energi fosil itu makin berkurang,”katanya saat ditemui di Grand Sunshine Resort & Convention, Selasa (8/10/2024).

Dia menyebut, energi terbarukan bisa mengganti energi fosil dan bentuk upaya memperbaiki masalah lingkungan.

Energi baru dan terbarukan ini berbagai solusi lingkungan lainnya. Contoh misalnya kalau mampu terbangun PLTS sampah, pembangkit listrik dari tenaga sampah, panasnya ini bisa membangkitkan listrik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kawalludin mencontohkan KOHE (kotoran hewan) bisa menjadi energi listrik.

Baca Juga :  Tengah Mandi di Situ Cimuleuit, Seorang Remaja Santri Tenggelam dan Ditemukan Meninggal Dunia

“Melalui biogasnya bisa dirubah menjadi listrik dan ini ada beberapa titik yang sudah berjalan, dari kotoran hewan memakai proses biologicaster menghasilkan gas. Akhirnya bisa menyalakan lampu,” katanya.

Hematnya, sektor energi baru dan terbarukan di Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung memiliki peluang untuk mendatangkan para investor.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini, investasi pembangunan energi baru dan terbarukan di Kabupaten Bandung ini bisa akselerasi, terjadi peningkatan yang cukup signifikan, karena peluangnya sudah dipertemukan,” jelasnya.

Nantinya, kata dia, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung, salah satunya dari energi baru dan terbarukan.

“Semua pemerintah daerah pun khusus Kabupaten Bandung itu sangat mendukung. Ini satu gambaran bahwa Pemda Kabupaten Bandung membuka seluas-luasnya kesempatan secara transparan mungkin peluang investasi khususnya sektor energi baru dan terbarukan,” tuturnya.

Baca Juga :  Peringati HUT RI Ke-76, Direktur RSUD Leuwiliang Ikut Serta Dalam Acara Fun Bike

Investasi energi terbarukan semakin menjadi fokus global seiring dengan meningkatnya kesadaran akan perubahan iklim dan kebutuhan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Energi terbarukan, seperti solar, angin, dan biomassa, menawarkan solusi yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi dunia.

Meskipun potensi keuntungan besar, investasi energi terbarukan juga menghadapi beberapa tantangan, seperti modal awal yang tinggi, intermitensi, hingga regulasi yang mempengaruhi kelangsungan investasi.

Kendati demikian, investasi sumber energi lokal dapat mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar, meningkatkan keamanan energi suatu negara.