Resep Bubur Sumsum, Cita Rasa Tradisional yang Mudah Dibuat di Rumah

0
Ilustrasi Bubur Sumsum

NARASITODAY.COM Di tengah kesibukan hari-hari modern, masih ada tempat untuk menikmati kuliner tradisional yang tak kalah enaknya. Salah satu contoh tersebut adalah bubur sumsum, makanan penyejuk jiwa yang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tidak sulit lagi untuk membuatnya di rumah, bahkan jika Anda baru pertama kali mencobanya.

Bahan-Bahan:

  • Tepung Ketan: 200 gram
  • Santan Kental: 400 mil
  • Gula Merah: 100 gram (diiris tipis-tipis)
  • Garam: Seujung sendok teh
  • Daun Pandan: Beberapa lembar untuk aromatik
Baca Juga :  Pesawat Falcon 8X A-0802 Mendarat di Jakarta: Sambutan Meriah di Lanud Halim!

Langkah-Langkah Pembuatan:

  1. Campur Tepung Ketan dengan Santan: Di dalam sebuah wadah besar, campurkan tepung ketan dengan 200 mil santan dan tambahkan sedikit garam. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata dan tidak lengket.
  2. Panaskan Santan Lainnya: Panaskan sisanya yaitu 200 mil santan lainnya bersama irisan gula merah dan beberapa lembar daun pandan dalam panci. Biarkan gula melarut dan santan mendidih secara perlahan-lahan.
  3. Kukus Adonan: Oleskan sedikit minyak pada permukaan cetakan kukusan supaya tidak lengket saat membentuk adonan nanti. Kemudian isi cetakan dengan adonan tepung ketan hingga setengah penuh saja.
  4. Tambahkan Campuran Santan: Setelah adonan sudah agak matang (kira-kira 10 menit), taburi campuran santan dan gula merah di atasnya. Tutup rapat tutup pancinya dan lanjutkan proses pemanggangannya selama 20 menit lagi hingga benar-benar matang.
  5. Siap Disantap
Baca Juga :  Semangat Pak Tarno Tidak Patah Meski Terkena Stroke dan Pakai Kursi Roda

Setelah matang sepenuhnya, angkatlah bubur sumsum dari cetakan dan letakkannya langsung ke atas talenan beserta garnish minimalis seperti potongan apel atau es krim vanilla secukupnya.

Kalian pun berhasil membuat bubur sumsum yang lezat dan siap disantap bersama keluargamu. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita nikmati kelezatan masa lalu bersama-sama.***

Baca Juga :  Nikmati Siomay dengan Bumbu Kental Berbasis Kentang yang Lezat dan Sehat