Desa Cinangka Ciampea Lantik 58 RT dan RW untuk Masa Bakti 2024-2029

0

NARASITODAY.COM – Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, merombak kepengurusan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dengan melantik 48 RT dan 10 RW untuk masa bakti 2024-2029.

Pelantikan ini berlangsung di Gedung Pertemuan Cakrawala Nuansa Nirwana (CNN), Desa Cinangka, pada Sabtu 20 Juli 2024.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Cinangka, Abdurahman, yang dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan dari Desa Cinangka dan Kecamatan Ciampea.

Abdurahman, dalam sambutannya, tidak dapat menahan air mata saat melepas RT dan RW yang telah habis masa baktinya. Pelantikan ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 30 Tahun 2019, yang mengatur pemilihan RT dan RW melalui musyawarah dan mufakat.

Baca Juga :  Puluhan Miras Disita Polres Bogor Dalam KRYD 

“Pada pagi hari ini, saya melantik 58 orang yang terdiri dari 48 RT dan 10 RW, sesuai aturan pemerintah yang tertuang dalam Perda Nomor 30 Tahun 2019 tentang RT/RW,” ujar Abdurahman.

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh ketua RT yang baru adalah mengumpulkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga warganya, serta membantu dalam permasalahan leasing dan perbankan.

“Setiap RT wajib menyelesaikan permasalahan warganya melalui alur mulai dari RT, RW, Kadus, BPD, hingga Kepala Desa, agar masyarakat nyaman dan kondusif,” tambahnya.

Baca Juga :  Merasa Dibohongi, Ratusan Warga di Benteng Ciampea Tolak Pembangunan SPBU

Abdurahman juga menekankan bahwa RT dan RW yang baru dilantik harus dapat melayani dan mengayomi masyarakat dengan baik.

“Saya berharap RT dan RW yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjadi abdi masyarakat,” ujarnya.

Selain melantik dan memberikan bimbingan, pemerintah Desa Cinangka juga memberikan piagam penghargaan kepada ketua RT dan RW yang sudah purna bakti.

Salah satu penerima penghargaan adalah Wildan Hidayat, yang telah mengabdikan dirinya selama lima tahun sebagai ketua RT di RT 02/09 Komplek Griya Salak Asri.

Baca Juga :  Tertangkap Tangan di Level Ciurug, PT Antam Pongkor Serahkan 9 Gurandil Ke Polisi

“Saya bersyukur telah mengabdikan diri sebagai ketua RT selama lima tahun, dan saya diberi penghargaan dari pemerintah Desa Cinangka atas kinerja saya selama menjabat,” kata Wildan.

Ia menambahkan bahwa selama menjabat, banyak suka duka yang dijalani, termasuk menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban di wilayahnya.

Wildan berharap agar para pemimpin yang baru tetap kompak dan sinergis dalam menjalankan pemerintahan di Desa Cinangka.

“Semoga siapapun yang menjadi pemimpin di lingkungan Desa Cinangka bisa tetap sinergi dalam menjalankan roda pembangunan di desa ini,” harapnya.***