DLH DKI Jakarta Angkut 43 Ton Sampah Usai Pesta Rakyat Pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

0

NARASITODAY.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengangkut setidaknya 43,17 ton sampah setelah acara pesta rakyat yang digelar untuk merayakan pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming pada Minggu (20/10/2024).

Kegiatan ini dipusatkan di berbagai area strategis Jakarta, termasuk Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, hingga Jalan Medan Merdeka Barat, serta di sejumlah hotel tempat menginap tamu negara.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, menjelaskan bahwa total volume sampah yang dikelola mencapai 196 meter kubik atau setara 43,17 ton.

Baca Juga :  Rudy Susmanto-Jaro Ade Optimistis Tingkatkan Program Samisade Jadi Rp 1,5 Miliar per Desa

“Pembersihan dilakukan di 13 panggung acara dan 18 area hotel penginapan tamu negara,” kata Asep dalam keterangannya, Senin (21/10/2024).

DLH DKI Jakarta mengerahkan ribuan personel untuk membersihkan sampah yang tersebar di berbagai lokasi. Pasukan oranye, yang dibagi dalam dua shift, bekerja keras memastikan kebersihan Jakarta kembali seperti semula usai perayaan besar tersebut.

Baca Juga :  Desa Kalongliud Wujudkan Kawasan  Bebas dari Sampah

“Shift pertama melibatkan 750 orang yang berasal dari enam wilayah Sudin Lingkungan Hidup Kota dan Kabupaten Administrasi, serta UPS Badan Air,” jelas Asep.

Para petugas mulai bekerja dari pagi hingga siang hari, sementara shift kedua dengan jumlah personel yang sama dikerahkan dari pukul 14.00 hingga 22.00 WIB.

Untuk mendukung kinerja para petugas kebersihan, DLH juga mengoperasikan berbagai alat bantu, seperti 45 unit Street Sweeper, 15 unit Truk Anorganik, 10 unit Truk Organik, 10 unit Mini Dump Truck, 30 unit Mobil Lintas, dan 30 unit Dustbin.

Baca Juga :  Pengolahan Limbah Kecap di Desa Sadeng Sudah Ditutup: Ini Kata Kanit Pol PP Leuwisadeng

Asep menambahkan bahwa operasi ini didukung oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Selatan, Barat, dan UPS Badan Air.

“Kami memastikan bahwa seluruh personel dan sarana prasarana bekerja maksimal untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan ibu kota selama dan setelah acara pelantikan,” tutupnya.***