Apakah Anda Mengalami Kolesterol Tinggi? 7 Tanda yang Patut Diperhatikan

0
Ilustrasi Kolesterol Tinggi

NARASITODAY.COM Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan yang umum dialami banyak orang, dan jika tidak diwaspadai, dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Untuk mengidentifikasi apakah Anda mengalami kolesterol tinggi, perlu diperhatikan beberapa tanda dan gejala yang umum dialami oleh orang-orang yang kadar kolesterolnya terlalu tinggi. Berikut adalah 7 tanda yang patut diperhatikan:

1. Stres

Stres merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi karena kadar kolesterol jahat dalam otak terlalu tinggi, membuat organ tersebut sulit untuk mengatur emosi. Risiko stres pun kian meningkat ketika kadar kolesterolmu tinggi.

2. Kenaikan Berat Badan

Saat kadar kolesterol dalam tubuh sedang tinggi, nafsu makan biasanya akan menurun tetapi berat badan naik drastis dalam jangka waktu singkat. Untuk mencegahnya terjadi, usahakan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 2–3 kali seminggu.

Baca Juga :  Kehadiran Rena Da Frina di Bursa Bacalon Walikota Bogor 2024 Sambut Antusias Relawan

3. Sering Mengantuk:

Gejala kolesterol tinggi lainnya yakni membuat kamu jadi lebih sering mengantuk bahkan hampir setiap saat. Alasannya, kadar kolesterol yang berlebihan dapat menghambat aliran darah sehingga aliran oksigen tidak berjalan normal. Kondisi ini pun dapat membuat kamu mudah mengantuk dan lelah saat sedang melakukan aktivitas.

4. Sering Kram Terutama Di Malam Hari

Kamu sering kram saat tidur malam? Kondisi ini umumnya terjadi karena kesalahan posisi saat tidur. Tapi kram di malam hari akibat kolesterol tinggi secara khas akan lebih terasa di area telapak kaki, jari-jari, dan tumit. Saat mengalami kondisi ini, cobalah luruskan kaki di atas kasur dan pegang telapak kaki lalu dorong ke arah dalam secara perlahan agar aliran darah kembali lancar.

Baca Juga :  Toronto FC Gagal Mengalahkan Inter Miami, Messi dan Timnya Berada di Ambang Rekor Poin

5. Nyeri Dada

Gejala kolesterol yang berlebihan selanjutnya adalah nyeri dada yang cukup sering dan intens. Hal ini terjadi karena tingginya kadar kolesterol dapat menimbulkan endapan pada dinding arteri atau atherosclerosis. Endapan ini lama-kelamaan mengurangi aliran darah arteri dan menyebabkan keluhan nyeri pada dada.

6. Hilang Keseimbangan

Jika kamu sering merasa kehilangan keseimbangan, maka bisa saja ini menjadi salah satu gejala kolesterol terlalu berlebih yang sudah cukup parah. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda stroke. Hilangan keseimbangan saat kadar kolesterol tinggi juga dapat diiringi dengan kesulitan menggerakkan mulut hingga kesulitan untuk berjalan.

7. Ada Benjolan Di Sekitar Mata

Baca Juga :  Aktivitas Mendaki Gunung: 6 Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Terbukti

Gejala yang satu ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Meski tidak berbahaya, namun gejala ini merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan tertentu, termasuk karena kadar kolesterol yang tinggi atau penyakit kronis seperti diabetes. Benjolan di sekitar mata atau xanthoma adalah kondisi di mana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit. Xanthoma sering ditemukan pada daerah kelopak mata berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan.

Apakah Anda mengalami beberapa gejala di atas? Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan melakukan medical check up untuk mendeteksi kadar kolesterolmu secara tepat.

Primecare Clinic menawarkan promo pemeriksaan trigliserida, kolesterol total, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL yang dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah kesehatan terkini dan mengambil langkah-langkah preventif yang tepat. ***