Praktis dan Ramah Lingkungan, 7 Alternatif Pengganti Kapas untuk Skincare dan Makeup

0
Ilustrasi Reusable Cotton Pads

NARASITODAY.COM Dalam era yang semakin banyak limbah terhadap lingkungan, tidak hanyah limbah pelastik tapi, penggunaan kapas dalam rutinitas skincare dan makeup telah menjadi diskusi yang serius. Belum lagi, penggunaan masa yang besar dari kapas setiap harinya telah menciptakan masalah limbah yang signifikan. Untuk mengatasi hal ini, berbagai alternatif pengganti kapas telah dikembangkan, yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga praktis digunakan. Berikut adalah 7 alternatif pengganti kapas yang patut diperhatikan:

1. Reusable Cotton Pads

Produkt ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan sisa cleansing oil dan micellar water. Dengan permukaan yang lembut dan dapat dicuci ulang, reusable cotton pads menjadi solusi ideal untuk menghemat tenaga dan meminimalisir iritasi kulit.

Baca Juga :  Milad Ke-4 Ikatan Dukun Nusantara: Merawat Kebudayaan dan Menebar Kebaikan Sosial

2. Reusable Facial Pad

Cleanomic facial pad terbuat dari katun yang lembut dengan ukuran diameter 7 cm. Ukurannya yang luas membuatnya mudah menjangkau area wajah secara sekali usap, sehingga menghemat energi dan mengurangi gesekan berulang-ulang pada kulit.

3. Zero Waste Cotton Pads

Alternatif kapas lainnya adalah zero waste cotton pads dari brand Evening. Produk ini dapat digunakan untuk makeup remover, toner, pembersih wajah, dan exfoliator. Brand ini juga rencananya akan merilis versi khusus untuk pemilik kulit sensitif.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Minta Semua Pihak Terkait Serius Tangani Persoalan Stunting

4. Handuk Mini

Handuk mini yang bertekstur lembut juga dapat digunakan sebagai pembersih makeup. Meski teksturnya berbeda dengan reusable pad atau cotton, handuk mini cocok digunakan jika kamu ingin lebih perlahan dalam mengusap wajah dan tidak mengusapnya terlalu kasar.

5. Magic Makeup Remover Cloth

Magic makeup remover cloth adalah handuk canggih yang khusus untuk membersihkan makeup waterproof. Kamu akan lebih menghemat susu pembersih sekaligus toner dan pastinya aman banget untuk kulit meski digunakan jangka panjang.

6. Facial Brush

Alat ini tak hanya mampu membersihkan wajah saja namun juga bisa digunakan untuk scrub wajah lebih dalam. Ukurannya yang kecil pas untuk dibawa traveling ataupun simpan di lemari kecil kamar mandi yang tidak akan memakan tempat yang begitu besar.

Baca Juga :  Seorang Suami di Ciamis Bunuh Istri, Potongan Tubuhnya Dibuang Dijalan

7. Reusable Makeup Remover Cloth

Kain penghapus makeup yang bisa digunakan kembali seperti makeup eraser merupakan alternatif lain yang efektif dan eco-friendly. Kain microfiber yang lembut cocok untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan selama berbulan-bulan sebelum perlu diganti.

dapat mengurangi limbah kapas dan tetap menjaga rutinitas skincare dan makeupmu dengan ramah lingkungan.***