UJIAN BERUPA HARTA, TAHTA DAN WANITA

0
OPINI_HERU
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SUDAH banyak contoh laki-laki gagal, hancur hidupnya bahkan sampai berakhir memalukan di penjara gara-gara melakukan kesalahan terhadap 3 hal ini, yaitu: harta,tahta dan wanita.

Harta, tahta dan wanita, tiga hal yang kerap menggoda iman laki-laki. Ujian hidup yang datang pada kaum adam, biasanya berputar diantara tiga hal tersebut.

Pertama, ujian harta bagi laki-laki. Pria diuji dengan keterbatasan ekonomi atau finansial, mulai dari hidup serba kekurangan hingga hutang dimana-mana.

Apalagi jaman sekarang banyak orang terjerat dengan pinjaman online (pinjol). Bahkan ada yang menemui jalan buntu, padahal di dunia ini banyak jalan keluar, gara-gara kemiskinan dan mengambil jalan pintas yaitu bunuh diri.

Baca Juga :  KELUARGA ADALAH PENDIDIKAN YANG PERTAMA DAN UTAMA

Bahkan tidak sedikit, gara-gara harta, pria terjerumus ke kriminal, bisa mencuri, korupsi, menipu, dan kejahatan yang lain.

Padahal jika kita berharta dan jadi orang yang bertaqwa, maka harta dijadikan alat untuk lebih dekat Allah SWT.

Harta ditangan orang bertaqwa, harta tersebut dapat kita manfaatkan untuk menjadi donatur, orang tua asuh anak yatim, naik haji/umrah, membangun masjid dan kebaikan yang lain.

Kedua, ujian tahta bagi laki-laki tampak dari jabatannya atau kedudukan status sosialnya. Ketika kita memiliki jabatan yang tinggi dan penting.

Biasanya kita super sibuk, sehingga justru jauh dari Allah. Bahkan gara-gara jabatan ini, tidak sedikit yang melakukan segala cara untuk mencapai jabatan tersebut. Jika perlu sikut sana, sikut sini dan melanggar aturan yang berlaku.

Baca Juga :  PENYEBAB PEROKOK DI INDONESIA TERUS BERTAMBAH

Padahal sejatinya, jabatan itu yang memberi adalah Allah. Jika jabatan dipegang oleh orang yang soleh dan amanah, tentu jabatan itu semakin mendekatkan kita kepada Allah.

Jabatannya untuk memajukan kepentingan umat, berlaku adil, bijaksana, jujur, tegas, disiplin, demokratis, berintegritas  dan tidak otoriter serta karakter baik yang lain.

Ketiga, ujian wanita bagi laki-laki ini terkait hawa nafsunya. Seorang pria akan diuji oleh wanita cantik atau merasa nyaman dengan wanita lain.

Maka Islam menganjurkan laki-laki untuk menundukkan pandangan agar terhindar dari perselingkuhan. Menjaga pandangan ini, juga akan menghindarkan seorang pria tidak berbuat genit terhadap wanita. Lebih baik lagi, selain menjaga pandangan, seorang pria selalu menjaga wudunya.

Baca Juga :  KESEDERHANAAN PAUS FRANSISKUS DAN RASUL SAW

Di sisi lain, wanita jangan menggoda laki-laki, atau bergaul terlalu bebas dengan laki-laki, serta wanita jangan memancing syahwat laki-laki misal dengan lirikan, senyuman genit, rayuan dan berpakaian sexy.

Banyak pria yang lulus ujian harta dan tahta, tapi gagal di ujian wanita, bahkan kisah nyata di Mesir ada seorang ulama besar juga tergoda oleh wanita, apalagi kita sebagai orang biasa.

Maka tetap jaga wudu dan terus berdzikir setiap hembusan nafas kita, agar kita sebagai pria lulus dengan ujian wanita. Jayalah Indonesiaku. ***