Kebakaran Hebat Menghanguskan Dua Bangunan di Kota Bandung

0
Ilustrasi

NARASITODAY.COM – Dua kebakaran hebat terjadi hampir bersamaan di Kota Bandung pada Minggu (14/7/2024).

Kebakaran pertama melanda gudang bahan kimia di Jalan Ciparay pada pukul 00.05 WIB, sementara yang kedua menghanguskan eks Hotel Hegar di Jalan Suniaraja, Kecamatan Sumur Bandung, sekitar pukul 01.25 WIB.

Dilansir dari Bogor Today (Grup Today) Menurut Jhon Erwin, Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, api pertama kali muncul di atap eks Hotel Ciparay dan dengan cepat merembet ke lantai satu bangunan seluas 497 meter persegi.

Baca Juga :  Haru Suandharu dan Ridwan Dhani Siap Bertarung di Pilwalkot Bandung 2024: Beresin Kota dari Kumis!

Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di eks Hotel Hegar. Setelah berjibaku selama dua jam, petugas Diskar PB berhasil memadamkan api.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun, beruntung tidak ada korban jiwa dan aset bangunan yang terselamatkan mencapai Rp2,6 miliar,” ujar Jhon Erwin.

Sekitar satu jam sebelumnya, gudang bahan kimia di Jalan Babakan Ciparay juga terbakar. Petugas menerima laporan kebakaran sekitar pukul 00.05 WIB dan langsung meluncur ke lokasi. Total 11 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca Juga :  Mobil Xenia yang Terparkir di Lapangan Porseka Cibinong Dilahap Sijago Merah

“Informasi yang diterima, sebelum terbakar, terjadi ledakan di gudang kimia makanan dan industri tersebut. Setelah itu, api semakin membesar,” kata Jhon Erwin. Luas area yang terbakar mencapai 210 meter persegi dari total luas 560 meter persegi. Api berhasil dipadamkan setelah petugas menyemprotkan air selama 3 jam 25 menit.

Baca Juga :  Sebuah Bangunan Rongsokan di Kemang Terbakar Ini Penyebabnya

Jhon Erwin memastikan bahwa tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kedua insiden tersebut. “Lima orang pekerja di gudang bahan kimia berhasil diselamatkan dan aset bangunan yang terselamatkan mencapai Rp4 miliar,” tambahnya.

Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran di kedua lokasi tersebut. Pihak berwenang juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan mematuhi standar keselamatan kebakaran guna menghindari kejadian serupa di masa depan.***

Baca Artikel lainnya di Saluran WhatsApp