Keseruan Siswa Siswi Baru SMK Kesehatan Prof Dr Moestopo Di PTA

0

NARASITODAY.COM– Keseruan dan suka duka kegiatan SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo menggelar Pelantikan Tamu Ambalan (PTA) untuk siswa-siswi baru di Taman Sari Camp pada Sabtu dan Minggu, 20-21 Agustus 2024.

Ketua PTA Indra, S.Si, menjelaskan bahwa kegiatan kepramukaan ini bertujuan untuk menanamkan kemandirian dan kedisiplinan bagi siswa yang beralih dari golongan penggalang di tingkat SMP ke penegak di tingkat SMA dan SMK.

“Mereka harus belajar menjadi Pramuka yang mandiri, meskipun saat ini masih tahap pengenalan lingkungan. Seiring berjalannya waktu, diharapkan kemandirian mereka akan terlihat,” ujar, Minggu (21/07).

Baca Juga :  Bocah Dua Tahun Terjepit Eskalator di Pusat Pembelanjaan Cibinong City Mall

Dari 116 siswa baru, sebanyak 110 siswa mengikuti kegiatan PTA ini, sementara sisanya tidak dapat hadir karena sakit.

Kegiatan PTA meliputi pengenalan Pramuka Penegak, pionering, dan materi tentang P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

“Kami berharap mereka bisa menjadi individu yang mandiri dan disiplin, menyesuaikan diri dari SMP ke SMA,” tambahnya.

Sementara itu, Rahmat Agustian, S.Pd, Ketua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), mengungkapkan kegiatan MPLS yang dilaksanakan pada 15-18 Agustus 2024.

Baca Juga :  Perpustakaan SMA YPHB Wakili Jabar di Lomba Perpustakaan Terbaik Nasional

Program ini dirancang untuk mengenalkan siswa pada lingkungan sekolah, termasuk guru-guru dan laboratorium kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup penyuluhan bahaya narkoba dan demonstrasi dari berbagai jurusan, seperti PLM (Pengelolaan Laboratorium Medis), teknologi laboratorium, farmasi, dan asisten keperawatan.

“MPLS bertujuan mengenalkan siswa pada lingkungan baru mereka dan mengidentifikasi potensi masing-masing. Pendidikan karakter juga sangat penting bagi siswa SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo,” kata Rahmat.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto : Semoga Perjuangan Kartini Menginspirasi Kita Semua

Lebih lanjut ia mempaparkan, kombinasi antara kegiatan MPLS dan PTA ini diharapkan dapat mendukung perkembangan akademik dan pribadi siswa baru, menjadikan mereka individu yang mandiri dan disiplin.

“Pemilihan jurusan juga krusial, karena banyak siswa yang awalnya memilih PLM tetapi kemudian beralih ke jurusan lain setelah mengetahui kualitas materi yang diajarkan, seperti keperawatan dan farmasi, dan sebagai penutup pada acara MPLS di SMK Kesehatan Prof.Dr. Moestopo ditutup dengan Deklarasi Anti Perundungan,” pungkasnya – FIR