Tumpukan Sampah di Sungai Proyek Desa Cihideung Ilir Timbulkan Kekumuhan dan Bau Tak Sedap

0

NARASITODAY.COM – Aliran sungai proyek di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, kini tertutupi oleh tumpukan sampah.

Akibatnya, wilayah tersebut tampak kumuh dan menimbulkan bau tak sedap, meresahkan warga sekitar yang masih menggunakan sungai tersebut untuk mencuci.

Terletak di kawasan padat penduduk dan dekat dengan jalan raya nasional, masalah sampah ini bukanlah hal baru.

Baca Juga :  Ribuan Siswa Lulusan SMK Pelita Siap Terjun ke Dunia Industri

“Kondisinya sudah lama, tapi biasanya suka ada yang mengangkut pakai mobil. Tapi ini udah lama nggak ada yang ngambil lagi, jadi seperti ini kondisinya,” ujar Asih, salah satu warga sekitar, pada Rabu, 24 Juli 2024.

Asih juga menambahkan bahwa ketika hujan deras, daerah ini sering mengalami banjir.

Baca Juga :  PDI-P Wacanakan Gandeng PKS Dan PPP di Pilgub Jabar, Bentuk Poros Baru Jika Parpol Lain Gabung KIM

Sampah ini sumber dari hulu sungai yang orang-orangnya nggak pada sadar. Kita yang kena dampak di sini,” katanya dengan nada prihatin.

Sementara itu, Kepala Desa Situ Ilir, Hilman, mengakui bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai masih minim meski sosialisasi telah dilakukan berulang kali.

Baca Juga :  KANNI Kabupaten Bogor: Terkait Informasi Publik Sejumlah Pemdes di Bumi Tegar Beriman Belum Terbuka

“Iya itu sampah mah udah bosen saya sosialisasi, tapi kesadaran masyarakatnya masih minim,” ujarnya. Saat dihubungi melalui perpesanan WhatsApp.

Hilman juga mengungkapkan rencananya untuk mengadakan kerja bakti pada hari Sabtu mendatang sebagai upaya membersihkan sampah di aliran sungai tersebut.

“Insya Allah hari Sabtu saya mau kerja bakti, kang,” pungkasnya.***