Meriahnya Upacara HUT RI ke-79 di Cileuksa Sukajaya, Libatkan Ribuan Warga Dengan Tradisi Lokal Setempat

0

NARASITODAY.COM -Ribuan Masyarakat di perbukitan Gunung Halimun serentak melakukan upacara kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -79 dengan tema ‘Nuansa Nusantara Baru Indonesia Maju’ di Lapangan Sepakbola Desa Cileuksa pada Sabtu, 17 Agustus 2024 kemarin.

Warga di wilayah kaki Gunung Halimun atau tepatnya di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Nampak sangat semangat melakukan upacara Kemerdekaan Indonesia meskipun peserta yang mengikuti nampak tak lagi berusia muda.

Selain upacara Kemerdekaan, berbagai rangkaian pun dilakukan Pemerintah Desa Cileuksa. Mulai perlombaan kemeriahan yang diikuti ratusan masyarakat, pertunjukan pencak silat dan hiburan kebudayaan yaitu Wayang Golek khas tatar Sunda.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Dukung Pemkab Bogor Bentuk Satgas Tindak Truk Nakal

Kepala Desa Cileuksa Ujang Ruhyadi menekankan, perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan harus dilanjutkan. Meski Indonesia telah merdeka, masih ada cita-cita kemerdekaan yang belum selesai dan harus dilakukan.

“Semarak kemerdekaan Indonesia ke 79 merupakan langkah kita untuk meneruskan perjuangan pahlawan dengan cara mendorong generasi penerus bangsa untuk ikut berkontribusi melanjutkan perjuangan pahlawan dengan cara mencerdaskan demi kemajuan masa depan wilayah,” kata Ujang Ruhyadi.

Ia menyampaikan, keberhasilan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari siswa-siswi SMP dan SMA kelas jauh tersebut, yang merupakan contoh perjuangan untuk kemajuan daerah yang terletak di kaki Gunung Halimun atau ujung Barat Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Masyarakat Waspada Bencana Alam, Jangan Ragu Melapor

“Tak kalah dengan perkotaan ataupun sekolah Induk, putra -putri Cileuksa yang bersekolah di kelas jauh menunjukkan bagaimana mereka telah berjuang memajukan daerahnya dengan cara menunjukan kemampuan barisan -barisan pengibar yang tak kalah bagus dengan pengibar profesional di luaran sana,”ujarnya.

Selain itu berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa Cileuksa dalam menghibur ribuan warganya dengan cara memberikan berbagai acara dan perlombaan.

Baca Juga :  Pj Bupati Bogor Hadiri Peresmian Dapur Sahabat Roti Prabudana di Lapas Kelas II A Cibinong

Diketahui, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya merupakan wilayah yang terletak di kaki Gunung Halimun yang merupakan antara perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Berikut lomba-lomb dan kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Desa Cileuksa.

1. Lari Marathon.
2. Senam Sehat
3. Dongdang
4. Hias Gapura
5. Lingkungan Bersih Cegah Stunting
6. Pawai Obor
7. Pengibaran Bendera Merah Putih
8. Ziarah Makam Pahlawan
9. Kesenian Gendang Pencak Silat
10. Wayang Golek Tatar Sunda