Tempuyung: Tanaman Liar dengan Segudang Manfaat Kesehatan, Terutama untuk Ginjal!

0
Daun tempuyung Tanaman Liar dengan Segudang Manfaat kesehatan.

NARASITODAY.COM – Siapa sangka, tanaman liar yang sering kita lihat di pinggir jalan ini punya manfaat luar biasa untuk kesehatan? Yup, tempuyung (Sonchus arvensis) mungkin sering kamu abaikan, tapi dalam dunia pengobatan tradisional, tanaman ini udah terkenal sebagai sahabat ginjal.

Nggak cuma itu, masih ada banyak manfaat lainnya yang bikin tempuyung layak dilirik!

Ciri-Ciri Tempuyung

Tempuyung bisa dikenali dari daunnya yang lonjong, hijau, dan punya tepi bergerigi.

Daunnya tumbuh mengelilingi batang dengan pola yang berselang-seling. Bunga tempuyung yang kuning mirip bunga dandelion juga jadi ciri khasnya.

Baca Juga :  Lima Kebiasaan Tanpa Disadari Bikin Badan Jadi GemukĀ 

Manfaat Tempuyung untuk Kesehatan

1.Peluruh Batu Ginjal

Kalau kamu punya masalah batu ginjal, tempuyung bisa jadi solusi alami! Kandungan kalium dan flavonoid dalam tempuyung bantu melarutkan kristal kalsium oksalat yang jadi penyebab batu ginjal. Jadi, bye-bye batu ginjal!

2. Jaga Kesehatan Ginjal

Bukan cuma meluruhkan batu ginjal, tempuyung juga meningkatkan produksi urine untuk bantu ginjal bekerja lebih optimal. Sifat antiradangnya bisa cegah peradangan pada ginjal akibat infeksi.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Gratiskan Layanan untuk Anggota KPPS

3. Obat Alergi Alami

Buat kamu yang sering mengalami alergi, tempuyung bisa membantu. Kandungan flavonoidnya mampu menghambat produksi histamin, si pemicu alergi. Plus, tanaman ini bisa memperkuat sistem imun kamu!

4. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darahmu suka nggak stabil? Tempuyung punya ekstrak etanol yang bisa menghambat hormon angiotensin, pengatur tekanan darah. Jadi, tekanan darahmu bisa lebih stabil. Kandungan kaliumnya juga bisa bantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga :  Ini Delapan Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

5. Turunkan Asam Urat

Tempuyung juga ampuh buat menurunkan kadar asam urat. Kandungan flavonoid dan polifenolnya bisa mengurangi peradangan dan menghambat enzim yang memicu produksi asam urat.

6. Atasi Disentri

Tempuyung punya sifat antibakteri yang bisa membantu melawan bakteri penyebab disentri. Dengan begitu, infeksi di saluran pencernaan bisa diatasi dengan lebih cepat dan efektif.

Sumber : Allodok