Dokter Ungkap Tips Mencuci Muka Dengan Benar Untuk Kulit Sehat

0
Ilustrasi pembersihan muka

NARASITODAY.COM – Menurut dokter, Cuci muka menjadi rutinitas perawatan wajah yang paling penting. Penting untuk membersihkan wajah setiap hari minimal dua kali sehari, pagi dan malam. Tapi apakah pembersihan wajah yang kamu lakukan selama ini sudah tepat? Proses ini tidak hanya membilas wajah dengan air saja tetapi juga melibatkan teknik yang tapat.

Dokter kulit mengatakan bahwa cuci muka bukan sekadar rutinitas untuk membersihkan kulit dari debu, sisa makeup dan minyak. Produk pembersih sebenarnya menyimpan manfaat lebih bagi kulit jika diaplikasikan dengan benar.

Saat mencuci muka, disarankan untuk tidak langsung membilasnya. Tunggu beberapa detik sebelum membasuhnya dengan air, minimal selama 60 detik.

Baca Juga :  Aan Jawara di Dapil 5 Hasil Real Count KPU, Tembus 30 Ribu Suara

Aturan ini populer dengan sebutan ‘pembersihan 60 detik’, yang meskipun bukan hal baru, tapi mulai marak dibahas lagi akhir-akhir ini. Idenya cukup sederhana: daripada mencuci muka dengan cepat, sisihkan waktu satu menit (atau lebih) untuk memijatkan busa pembersih ke kulit.

Seperti dikutip dari Huffington Post, cara ini diklaim membuat pori-pori tampak lebih kecil serta kulit lebih cerah dan bersih.

“Saya pikir dengan cara ini orang-orang akan lebih memerhatikan pembersihkan kulit. Kondisi kulit jadi lebih baik karena menghapus riasan, kotoran dan minyak dari kulit lebih efektif dengan proses yang lebih lama,” jelas dokter kulit Dr. Kellie Reed, seperti dikutip dari Huffington Post.

Baca Juga :  Izin Operasional Dicabut, Begini Nasib Mahasiswa STIH Dharma Andigha

Cuci muka lebih lama tak hanya membuat kulit lebih bersih secara mendalam, tapi bahan aktif yang terkandung dalam produk pembersih juga akan lebih lama kontak dengan kulit. Sehingga memiliki cukup waktu untuk menembus kulit.

Pembersih dengan kandungan untuk eksfoliasi seperti asam glikolat atau salisilat, atau pembersih khusus jerawat dengan benzoil peroksida, akan lebih efektif jika didiamkan terlebih dahulu sebeum dibilas.

“Kebanyakan orang hanya mencuci muka sekitar 15 detik dan itu tidak cukup waktu untuk mengaktifkan bahan-bahan dalam pembersih. Idealnya cuci muka sekitar 45-60 detik. Bahan-bahan aktifnya perlu meresap ke dalam kulit agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya” kata Dr. Jeremy Brauer, dokter kulit bersertifikat dari Spectrum Skin and Laser di New York City, AS.

Baca Juga :  Begini Kata Polisi, Perihal Peserta Tabuh Bedug yang Meninggal Saat Acara Berlangsung 

Dr. Kellie menyarankan agar menggunakan produk pembersih dengan formula lembut yang tidak membuat kulit kering atau menimbulkan sensasi tertarik. Kamu bisa memilih sabun muka yang mengandung ceramide, chamomile atau bahan aktif lainnya sesuai jenis dan permasalahan kulit.

“Saya sarankan pembersih yang lembut daripada pembersih yang mengandung bahan-bahan keras untukmembersihkan wajah selama 60 detik,” katanya.

“Berikan perhatian ekstra pada area yang bermasalah. Jika memakai riasan mungkin memerlukan waktu lebih dari 60 detik untuk menghapus seluruh makeup,” pungkasnya.***