Maraknya Pembangunan Perumahan di Cibungbulang, Pemkab Bogor Akan Segera Bertindak

0
Kepala Bidang (Kabid) Perumahan DPKPP Kabupaten Bogor, Iin Kamaludin kanan dan salah satu pembangunan perumahan di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

NARASITODAY.COM- Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor mencatat adanya peningkatan signifikan dalam pembangunan perumahan komersial di wilayah Kecamatan Cibungbulang.

Tercatat ada sekitar 14 proyek pembangunan perumahan yang tersebar di wilayah tersebut, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan adanya proyek baru yang tengah dikerjakan di Desa Sukamaju dan Desa Cemplang.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan DPKPP Kabupaten Bogor, Iin Kamaludin, menyampaikan bahwa pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah penindakan terkait maraknya pembangunan perumahan di wilayah tersebut.

Baca Juga :  DPR RI Tunda Pengesahan Revisi UU Pilkada, Publik Semakin Curiga

Salah satu langkah awal yang akan dilakukan adalah pembaruan data di lapangan.

“Berdasarkan data yang ada, saat ini ada 14 perumahan di Cibungbulang. Rencana tahun ini kami akan turun ke lapangan untuk melakukan update data terkait perumahan tersebut,” ujar Iin saat di hubungi. Selasa (01/10/2024).

Ia menyebut, meski penataan pembangunan perumahan masuk dalam lingkup Bidang Penataan Bangunan (PB), Iin menegaskan bahwa tanggung jawab atas perkembangan perumahan komersial tetap berada di bawah wewenangnya.

Baca Juga :  Usai Solat Jumat, Jaro Ade Bagi - bagi Makan Siang Gratis

Ia berencana untuk segera melakukan pendataan lebih lanjut, namun akan memulai dengan rapat koordinasi antar instansi terkait.

“Saya berencana melakukan pendataan perumahan dalam waktu dekat, tapi sebelumnya kami akan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa banyak sebenarnya perumahan yang ada di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Baca Juga :  Keberatan Dengan Nilai Appraisal, Warga Tenjo Lakukan Aksi Pasang Spanduk

Menurut Iin, fenomena pembangunan perumahan di Kabupaten Bogor, khususnya di wilayah Cibungbulang dan Bogor Barat, sedang mengalami lonjakan yang pesat.

Ia mengungkapkan bahwa perumahan-perumahan skala kecil berbentuk klaster kini semakin banyak bermunculan, yang terkadang sulit terdeteksi oleh pihak pemerintah daerah.

“Memang betul sekarang banyak sekali perumahan-perumahan klaster kecil yang muncul. Kita sulit mendeteksi itu karena skalanya yang kecil dan menyebar,” pungkasnya.(And/Man)