DPP KNPI dan PIB IPB Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pemuda dan Mahasiswa

0

NARASITODAY.COM– Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Pengawal Ideologi Bangsa (PIB) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan sosialisasi safety riding bagi pemuda dan mahasiswa.

Acara ini berlangsung meriah di Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB Dramaga, pada 27 Juni 2024.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran para pemuda dan mahasiswa tentang pentingnya keselamatan berkendara, mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kaum muda, terutama mahasiswa.

“Kegiatan safety riding ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan perlengkapan keselamatan saat berkendara, mematuhi peraturan lalu lintas, serta mengontrol emosi dan memahami rute perjalanan,” ujar Ketua PIB IPB, Aldi Ferdiansyah.

Baca Juga :  Rehan dan Lisa Raih Kemenangan Dramatis di Arctic Open 2024 Setelah Duel Tiga Gim

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. Drh. Deni Noviana, menekankan pentingnya ketertiban berkendara tidak hanya di lingkungan kampus tetapi juga di jalan raya.

“Mahasiswa harus menjadi pelopor keselamatan berkendara,” katanya.

Wakil Ketua DPP KNPI, Edy Wijaya, dalam sambutannya menyatakan bahwa kesadaran mahasiswa dalam berlalu lintas semakin meningkat berkat kolaborasi dalam kegiatan ini.

“Safety riding hadir atas dasar pentingnya menyelamatkan diri sendiri dan orang lain saat berkendara, sehingga perlu dipahami tata tertib berkendara,” jelasnya.

Direktur Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Kampus IPB University, Toto Mustopa, menambahkan bahwa IPB telah mendukung berbagai kegiatan positif yang menunjang kesadaran berlalu lintas sejak tahun 2004.

Baca Juga :  Kecelakaan di Jalan Raya Cigudeg, Dua Orang Tewas Termasuk Balita

“Sejak tahun 2015, IPB berkomitmen menjadi green campus dengan menciptakan green transportation melalui penyediaan fasilitas bus, sepeda, hingga pos verifikasi motor,” ungkapnya.

Salah satu peserta, Fathan Putra Mardela, mengapresiasi kegiatan ini.

“Kegiatan Safety Riding sangat bermanfaat dan membuka wawasan baru bagi kami sebagai mahasiswa yang akan menjadi pelopor tertib berlalu lintas,” katanya.

Peserta juga berharap agar acara seperti ini dapat rutin diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Sosialisasi ini dihadiri oleh puluhan pemuda dan mahasiswa dari berbagai komunitas di Bogor, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Cabang Bogor, Pelajar Islam Indonesia, serta berbagai mahasiswa dari Himpunan Daerah seperti Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang (IPMM) dan Pamaung Bandung.

Baca Juga :  KNPI Juara Friendly Match Mini Soccer usai Unggul Poin atas HIPMI, JJB dan Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor

Para narasumber dalam acara ini di antaranya Rusdi Ali Hanafi, Wakil Ketua Umum DPP KNPI, Yudi Sudarma dari Jasa Raharja Asisten Direktur Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Kampus, Toto Mustopa, dan Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Bogor, Ipda A. Rahman.

Dengan semangat kebersamaan, DPP KNPI dan PIB IPB berharap kegiatan ini mampu menciptakan generasi muda yang lebih sadar dan bertanggung jawab dalam berkendara, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di masa mendatang.(Zho)