Jaro Ade Serahkan Bibit Pohon Ki Menyan untuk Kelestarian Gunung Menyan

0
Jaro Ade Serahkan Bibit Pohon Kemenyan untuk Kelestarian Gunung Menyan

NARASITODAY.COM – Komitmen menjaga lingkungan menjadi salah satu isu penting yang diangkat oleh calon wakil bupati Bogor, Jaro Ade. Pada, Senin (14/10/2024), Jaro Ade menyerahkan bibit pohon Ki Menyan kepada kelompok tani di Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan tersebut, Jaro Ade menegaskan bahwa menjaga kelestarian gunung adalah tanggung jawab bersama.

“Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian gunung. Jangan sampai pohon-pohon di gunung ditebang tapi tidak ditanami kembali. Dampaknya bisa fatal, seperti longsor yang mengancam keselamatan masyarakat,” ujar Jaro Ade saat memberikan bibit Ki Menyan secara simbolis.

Gunung Menyan, yang selama ini dikenal masyarakat Kabupaten Bogor, ternyata sudah tidak lagi ditumbuhi pohon KI Menyan.

Baca Juga :  Pleno DPD KNPI Kota Bogor, Ketua Bidang OKK : Penegasan Bebas Atas Nama KNPI

Kondisi ini membuat Jaro Ade prihatin, mengingat gunung tersebut seharusnya menjadi simbol kelestarian pohon Kemenyan yang legendaris.

“Saya miris mendengar bahwa pohon Kemenyan sudah tidak ada di Gunung Menyan. Ini adalah langkah awal untuk mengembalikan marwah gunung ini. Dengan bibit pohon yang saya serahkan, saya berharap pohon Kemenyan bisa kembali menghiasi gunung ini dan menjadi warisan yang bisa dikenal oleh anak cucu kita,” jelasnya.

Jaro Ade juga mengingatkan masyarakat pentingnya merawat lingkungan sebagai bentuk implementasi nilai-nilai yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, ia mengajak masyarakat untuk meneladani sifat tolong-menolong dan menjaga harmoni dengan alam.

Baca Juga :  Aksi Donor Darah di Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Wujud Semangat Kemanusiaan dan Solidaritas Sosial

“Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk menjaga kedamaian dan ketentraman, termasuk menjaga lingkungan sekitar. Menanam dan merawat pohon adalah bagian dari itu. Pepohonan memiliki peran besar dalam menjaga ekosistem, dan kita semua harus bertanggung jawab terhadap kelestariannya,” ungkap Jaro Ade.

Di tengah musim Pilkada, Jaro Ade juga mengingatkan masyarakat Kabupaten Bogor untuk tetap menjaga situasi yang kondusif dan menghindari perpecahan.

Ia mengajak warga agar tidak mudah terpengaruh informasi hoaks yang kerap muncul selama masa kampanye.

“Jaga kondusivitas Pilkada Kabupaten Bogor 2024 ini. Jangan mudah percaya pada informasi yang tidak jelas asalnya. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kita untuk menjaga persatuan dan tidak mempercayai fitnah,” katanya.

Baca Juga :  Golkar - PDI Perjuangan Bahas Jaro Ade Calon Bupati Bogor, Ini Pesan Adian Napitupulu

Menutup sambutannya, Jaro Ade mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Menurutnya, setiap suara memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah pembangunan Kabupaten Bogor ke depan.

Dengan membawa isu lingkungan dan kelestarian alam sebagai bagian dari kampanyenya, Jaro Ade berharap dapat membangun kesadaran masyarakat Bogor tentang pentingnya menjaga alam sekaligus mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di masa depan.

“Satu suara Anda sangat penting untuk menentukan masa depan Kabupaten Bogor. Jangan sia-siakan hak pilih Anda, datanglah ke TPS pada 27 November nanti,” tutupnya.***