Bagaimana Membuat Tahu Brontak Isi Sayur yang Enak dan Bergizi?

0
Ilustrasi Tahu Brontak

NARASITODAY.COM Buat kamu yang ingin mencoba membuat camilan atau lauk yang tidak hanya enak tetapi juga bergizi, resep tahu brontak isi sayur adalah jawaban tepat yang patut dicoba. Tahu brontak, yang dikenal karena teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, menjadi pilihan ideal untuk hidangan yang bisa dinikmati kapan saja baik sebagai camilan saat bersantai maupun sebagai lauk pendamping nasi.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuatnya:

Resep Tahu Brontak Isi Sayur:

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tahu putih
  • 100 gram sayur genjer, iris tipis
  • 60 ml minyak goreng
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 batang cabai rawit, iris tipis (opsional)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Daun salam secukupnya
  • Air secukupnya
Baca Juga :  Libatkan Akademisi, Pemkab Bogor Rancang Konsep Besar Pengembangan Geopark Bogor Halimun Salak

Cara Membuat:

  1. Persiapkan Tahu: Potong tahu putih menjadi dua bagian sama besar. Buat lubang di tengah-tengah tiap bagian tahu dengan pisau tajam.
  2. Siapkan Isian: Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan irisan bawang putih dan bawang merah; tumis sampai harum. Setelah itu, masukkan irisan cabai rawit jika menggunakan.
  3. Masukkan Sayur Genjer: Tambahkan irisan sayur genjer ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu yang telah ditumis sebelumnya. Biarkan sayur matang sempurna.
  4. Tambahkan Garam dan Gula Pasir: Bubuhi garam dan gula pasir sesuai selera. Aduk rata lagi hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Isi Tahu: Angkat campuran sayur dari wajan dan biarkan agak dingin. Letakkan isian sayur ke dalam lubang yang telah dibuat di tahu. Pastikan isian terbungkus rapat agar tidak keluar ketika digoreng nanti.
  6. Goreng Tahu Brontak: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan suhu sedang. Celupkan tahu brontak isi sayur ke dalam minyak hangat dan goreng sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Penyajiannya: Letakkan tahu brontak isi sayur di atas talenan dan sajikan dengan taburan irisan daun salam secukupnya. Nikmati camilan bergizimu ini sebagai snack ringan atau pelengkap makan malam yang sehat!
Baca Juga :  Dicurigai Sering Gunta-ganti Sepeda Motor, Pria di Citeureup Harus Berurusan Dengan Polisi

resep mudah ini, kamu bisa membuat tahu brontak isi sayur yang enak dan bergizi hanya dalam waktu singkat Pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk hasil yang terbaik. Selamat mencoba dirumah.***

Baca Juga :  HMI MPO Cabang Kabupaten Bogor Terus Bergerak, Tak Terpengaruh Tuduhan PJ Bupati