Kohati HMI Cabang Bogor Gelar Sosialisasi Gerakan Pemilih Cerdas, Fokus Tingkatkan Partisipasi Perempuan di Pilkada 2024

0
Kohati HMI Cabang Bogor Gelar Sosialisasi Gerakan Pemilih Cerdas, Fokus Tingkatkan Partisipasi Perempuan di Pilkada 2024

NARASITODAY.COMKohati Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor sukses mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk Gerakan Pemilih Cerdas yang berlangsung di GOR Parengpeng Antam, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, pada Minggu (13/10/2024).

Dengan tema “Perempuan Menyambut Pilkada 2024: Meningkatkan Kesadaran dan Mendorong Partisipasi Aktif dalam Pilkada Bogor,” acara ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat, khususnya perempuan, terkait Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Putri Raihan Shakila, Ketua Pelaksana acara, menekankan pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Perempuan memiliki peran besar dalam mencerdaskan masyarakat, terutama di lingkup keluarga dan komunitas, untuk mengurangi sikap apatis terhadap Pilkada,” ujarnya dalam sambutan.

Ia menambahkan bahwa keterlibatan perempuan sangat penting karena mereka tidak hanya berperan sebagai pemilih, tetapi juga sebagai penggerak utama yang dapat mempengaruhi keluarga dan komunitas untuk turut aktif dalam pemilu.

Baca Juga :  Pedas dan Gurih: Resep Kare Ayam Jawa Timur yang Populer

Senada dengan itu, Ketua Umum HMI Cabang Bogor, Fathan Putra Mardela, menyatakan bahwa acara ini adalah bagian dari rangkaian sosialisasi Gerakan Pemilih Cerdas yang merupakan komitmen HMI untuk turut serta menyukseskan Pilkada Serentak 2024 yang akan diadakan pada 27 November 2024.

HMI sebagai organisasi mahasiswa tertua di Indonesia siap mengawal jalannya Pilkada Serentak 2024,” katanya.

Acara ini menghadirkan dua pembicara utama. Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Aprian Wahyudi, menjadi narasumber pada sesi pertama dengan memaparkan mekanisme Pilkada Serentak.

Baca Juga :  5.000 Kali Atang Menyapa Warga, Bekal 9 Program Misi Bogor Nyaman Hidupnya

Ia menjelaskan tata cara pencoblosan, daftar pemilih tetap (DPT), serta pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dan kritis dalam memilih calon kepala daerah.

“Pemilih harus memiliki pemahaman yang baik mengenai proses dan tahapan Pilkada agar dapat membuat keputusan yang tepat,” ungkap Aprian.

Sesi kedua diisi oleh Ketua Umum Kohati HMI Cabang Bogor, Fauzia Noorchaliza, yang menyoroti pentingnya peran strategis perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Perempuan memiliki pengaruh besar dalam membentuk preferensi politik di keluarga. Mereka tidak hanya sebagai pemilih, tetapi juga bisa menjadi agen perubahan yang mampu memberikan dampak besar dalam proses demokrasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Bersama Muspika Sukajaya Tingkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah Melalui Tarawih Keliling di Desa Cileuksa

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai organisasi masyarakat, seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Karang Taruna Kecamatan Nanggung, KNPI Kecamatan Nanggung, OSIS SMAN 1 Nanggung, Kelompok Wanita Tani, PKK Kecamatan Nanggung, Pongkor Geopark Youth Forum, BP Geopark Bogor Halimun Salak, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), serta mahasiswa dari Institut Agama Islam Bogor.

Sosialisasi Gerakan Pemilih Cerdas ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta aktif mengajukan pertanyaan seputar Pilkada dan peran mereka dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Acara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya perempuan, dalam menyambut Pilkada Kabupaten Bogor 2024.***