Pj. Ketua TP PKK : Kader PKK Jadi Motor Penggerak Pemberdayaan Masyarakat

0
Pj. Ketua TP PKK : Kader PKK Jadi Motor Penggerak Pemberdayaan Masyarakat

NARASITODAY.COM Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Kabupaten Bogor, RR Indah Dewi Pangesti Bachril beserta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Bogor lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) program pokok TP-PKK, di Desa Cisalada, Cigombong, Rabu (16/10).

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, RR Indah Dewi Pangesti Bachril menjelaskan, kegiatan monitoring dan evaluasi 10 program pokok PKK ini sangat diperlukan untuk melihat realisasi program kerja TP PKK, apakah sudah sampai dan disosialisasikan ke tingkat desa serta telah dilaksanakan berdasarkan rencana program kerja yang disosialisasikan sebelumnya. Mulai dari proses pengumpulan data, realisasi program kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja.

Monev hari ini adalah untuk menilai dan mengecek langsung implementasi pelaksanaan 10 program pokok TP-PKK terutama program TP-PKK yang ada di Desa Cisalada Kecamatan Cigombong. Adapun lima kegiatan yang di monev yaitu Sekretariat, Pokja 1 sampai 4, dan Poktan,” jelas Indah.

Baca Juga :  Lenirra Kembali Bangun Vila Tanpa Izin

Indah Dewi Pangesti mengungkapkan, saat ini PKK memiliki peran dan cakupan program yang sangat strategis sebagai upaya dalam mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi lebih baik lagi ke depan. Sementara itu, Kader PKK juga dapat menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat. Mulai dari tingkat Dasawisma hingga Kecamatan dengan melakukan kolaborasi antara PKK dengan tokoh masyarakat juga pemerintah daerah.

“Diharapkan monev ini akan menghasilkan keputusan yang mantap tentang satu lokasi desa pelaksana terbaik 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Bogor tahun 2024,” ungkap Indah.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Resmi Luncurkan Gita-Sarpras, Pengelolaan Sarpras Sekolah Kini Lebih Efektif dan Transparan

Indah menuturkan, hari ini kami mendengarkan paparan Ketua Tim Penggerak PKK Desa tentang pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK di Desa Cisalada dan meninjau pelaksanaan, serta hasil kegiatan di lapangan.

“Semoga melalui kegiatan monev ini dapat menjadi inspirasi serta menjadi masukan untuk pelaksanaan program ke depan yang lebih baik, sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang mulia yaitu terwujudnya keluarga sehat dan sejahtera juara lahir dan batin,” kata Indah.

Camat Cigombong, R. E. Irwan Somantri mengungkapkan, alhamdulillah dengan kedatangan Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor bisa memberikan pencerahan bagi kami semua, khususnya ibu-ibu yang aktif di PKK, baik di kecamatan maupun di desa.

Baca Juga :  Sastra Winara Sebut Program Milik Salah Satu Paslon Bupati Bogor Ngawur

“Gerakan PKK ini turut mendukung berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, dan 10 program pokok PKK ini adalah bagian dari apa yang dikerjakan Pemkab Bogor untuk masyarakat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa atau kelurahan,” ungkap Irwan Somantri.

Ia menambahkan, dengan dukungan dari para Kader PKK, program yang dilaksanakan bisa lebih tepat sasaran dan menyentuh masyarakat. Baik pembinaan kesehatan, dan kegiatan lainnya yang ada di dalam 10 program PKK.

“Mudah-mudahan dengan adanya monev kita bisa mengetahui kekurangan apa saja, dan bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua,” ujar Irwan.(* / Alysa Damaris)