KNPI Kecamatan Nanggung Dinilai Bobrok, Pemuda Suarakan Kekecewaan

0
Pemuda Kecamatan Nanggung Suryadi Kanan, Foto dok : Ist

NARASITODAY.COMKomite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang seharusnya menjadi wadah komunikasi dan penyalur aspirasi pemuda, kini dinilai gagal menjalankan perannya di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Sebagai organisasi yang mestinya membantu meningkatkan dan mendorong potensi para pemuda secara merata terutama di kalangan menengah ke bawah, KNPI Nanggung justru dianggap tidak mampu membawa perubahan yang signifikan.

KNPI ini harusnya jadi ajang pemersatu dan fasilitator bagi pemuda untuk berkontribusi nyata di masyarakat. Tapi yang kami lihat sekarang, KNPI di Kecamatan Nanggung belum bisa dorong kemandirian dan pemberdayaan pemuda secara efektif,” ujar seorang pemuda Kecamatan Nanggung Suryadi yang merasa kecewa dengan kinerja KNPI.

Baca Juga :  Adanya Dugaan Keterlibatan Pegawai Kecamatan Tanjungsari Digalian Tanah Merah di Cariu, Camat Toto Bilang Begini!!

Dia membeberkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor mencatat bahwa pada tahun 2022, jumlah penduduk Kecamatan Nanggung mencapai 99.485 jiwa, dan meningkat menjadi 100.914 jiwa di tahun 2023.

Dengan mayoritas populasi didominasi oleh kaum muda, banyak yang mempertanyakan peran KNPI dalam mendukung potensi mereka. Namun, hingga saat ini, banyak yang merasa organisasi ini belum berdampak pada pemuda Nanggung.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Jaro Ade, Dari Desa Menuju Puncak Kepimpinan Kabupaten Bogor

“Apakah KNPI Nanggung sudah memberikan dampak yang nyata bagi pemuda di Nanggung? Sejauh ini, kami belum merasakannya, hanya ada logo saja tidak ada program yg mengarah kepada pemberdayaan para pemuda, jangan rame pas pemilihan nya saja tapi dampaknya gaada” ungkapnya lagi.

Kekecewaan ini semakin mengemuka karena KNPI Kecamatan Nanggung dianggap tidak bersinergi dengan baik dan tidak mampu memberikan transformasi yang nyata di kalangan kepemudaan.

“Pemuda merasa kurang diperhatikan, sementara tantangan di lapangan semakin besar, seharusnya knpi hadir ditengah tengah pemuda sebagai wadah yang ada di wilayah,” ujarnya.

Baca Juga :  KIM Plus Kecamatan Megamendung dan Ciawi Konsolidasi untuk Pemenangan Rudy-Jaro

Sebagai generasi yang berharap perubahan, pemuda Nanggung berharap agar KNPI bisa segera berbenah dan benar-benar menjalankan peran yang seharusnya—menjadi agen perubahan dan pemberdayaan bagi kaum muda.

Pemuda berharap organisasi tersebut bisa bangkit dan kembali pada fungsinya sebagai penggerak perubahan bagi masa depan pemuda Nanggung.

“Kami ingin KNPI lebih proaktif dalam memberdayakan pemuda dan memberikan dampak positif yang nyata bagi pemuda ” harapnya.