Pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran: Car Free Day Ditiadakan, Panggung Pesta Rakyat Siap Meriahkan Jakarta

0

NARASITODAY.COMPelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang dijadwalkan pada Minggu, 20 Oktober 2024, membawa sejumlah perubahan terhadap kegiatan rutin di Jakarta, termasuk ditiadakannya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD).

Kegiatan besar ini dipastikan membuat CFD di kawasan Sudirman-Thamrin ditiadakan untuk memberikan ruang bagi acara kenegaraan dan pesta rakyat.

Kombes Pol Latif Usman, Dirlantas Polda Metro Jaya, menegaskan bahwa pelaksanaan pelantikan yang bertepatan dengan hari Minggu memaksa pembatalan CFD.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan pada 20 Oktober 2024, bertepatan dengan hari Minggu yang biasanya CFD. Dengan kegiatan besar negara, tentu CFD ditiadakan,” ujar Latif saat dikonfirmasi pada Sabtu, 17 Oktober 2024.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Sematkan Penghargaan untuk Pahlawan Olahraga Bogor di Momentum HAORNAS ke-41 Tingkat Kabupaten Bogor

Panggung Pesta Rakyat di 13 Titik Strategis

Tak hanya pelantikan, suasana meriah juga dipastikan akan menghiasi Jakarta dengan adanya panggung-panggung pesta rakyat yang didirikan di sepanjang kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada 13 titik panggung yang dipersiapkan, yang masing-masing menampilkan tema beragam wilayah Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Berikut daftar lokasi panggung pesta rakyat:

Panggung Sumatera: Depan Gedung BRI

Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza

Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower

Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI)

Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah

Panggung Papua: Bundaran Patung Kuda

Baca Juga :  Pulang Ngaji, Bocah di Pamijahan Tewas Terpeleset Dipinggir Saluran Irigasi Pembangkit Listrik WaterWay

Panggung Merah Putih: Taman Pandang Istana Merdeka

Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental

Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland

Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya

Panggung Rakyat: Area Chillax

Panggung Rakyat: Pintu 6 Gelora Bung Karno

Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman

Acara ini diharapkan dapat memberikan hiburan bagi masyarakat, sekaligus menjadi bagian dari euforia pelantikan pemimpin baru Indonesia.

Pengaturan Lalu Lintas dan Skala Prioritas

Sebagai bentuk antisipasi terhadap acara besar ini, pihak kepolisian juga akan memberlakukan skala prioritas di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, khususnya saat tamu VVIP melintas.

Latif menegaskan bahwa banyak kepala negara dan tamu penting yang akan hadir dalam acara ini, sehingga pengaturan lalu lintas akan difokuskan untuk memberikan prioritas kepada tamu-tamu tersebut.

Baca Juga :  Setelah Delapan Tahun, Neida Aleida Umumkan Keputusan Keluar dari HiVi!

“Kami akan memberlakukan skala prioritas, tentunya ini kami mohon maaf apabila nanti masyarakat yang melaksanakan kegiatan aktivitas di Jalan Sudirman-Thamrin mungkin terganggu pada saat jam-jam perjalanan tamu VVIP,” jelas Latif.

Meskipun demikian, Latif berharap masyarakat dapat memahami dan menghormati pengaturan ini, mengingat pentingnya menjaga kelancaran acara kenegaraan yang melibatkan banyak pemimpin dunia.

Dengan persiapan matang, mulai dari pengaturan lalu lintas hingga berbagai panggung hiburan yang telah dipersiapkan, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kali ini diharapkan tidak hanya menjadi momen bersejarah, tetapi juga menjadi perayaan bersama rakyat.