Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Bersih Cerah

0
MOBIL WARNA PUTIH

NARASITODAY.COM – Mobil warna putih menjadi pilihan banyak orang. Mobil warna putih cenderung lebih menarik karena memiliki kesan yang netral dan elegan untuk dipakai berkendara. Namun, sering kali para pengguna mobil warna putih ini menemukan kendala saat membersihkan atau merawat agar mobil warna putih tetap bersih dan cerah.

Mobil warna putih mempunyai kelebihan bersifat memantulkan cahaya, sehingga ketika terkena cahaya atau mengerem jadi terlihat lebih jelas. Selain itu, mobil warna putih bisa menangkal hawa panas. Hal ini tentunya memberi keuntungan bagi para pemilik mobil warna putih ini untuk yang tinggal di daerah panas dengan mobilitas tinggi.

Namun mobil warna putih cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan warna lainnya.  Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, warna putih pada mobil dapat menguning atau kusam.

Cara Merawat Mobil Warna Putih

Untuk membuat mobil warna putih tidak mudah menguning alias awet, ada caranya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat mobil berwarna putih yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu tidak parkir di bawah terik matahari langsung. Seringnya terpapar sinar UV dari matahari dapat membuat warna putih pada mobil mudah menguning.

Saat ingin memarkirkan mobil, usahakan parkir di tempat yang benar-benar teduh. Anda dapat parkir di dalam basement gedung yang pastinya tidak terkena sinar matahari.

Di saat tertentu, Anda mungkin pernah kesulitan mendapat parkir mobil di tempat yang teduh karena rame. Terkadang, Anda harus berebutan dengan pengguna mobil lain ataupun menunggu parkir di tempat teduh yang kosong dalam waktu cukup lama.

Jika menemui masalah-masalah seperti ini, cari tempat parkir di bawah pohon rindang. Meski sinar matahari bisa tembus melalui celah daun pohon, terpenting adalah mobil Anda yang berwarna putih tidak terkena sinar tersebut secara langsung.

Baca Juga :  Unik KPPS Berseragam Baju Adat Sunda Saat Melaksanakan Pemungutan Suara

Jika tidak mempunyai pohon rindang ataupun garasi di rumah, Anda dapat menggunakan penutup mobil yang telah dilengkapi penangkal sinar UV.

Namun, Anda harus rajin menutup mobilnya dengan penutup tersebut saat tidak dibawa berkendara.

  1. Tidak Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Selain parkir, Anda juga hindari mencuci mobil putih di bawah sinar matahari langsung. Cara ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk mobil putih, tapi juga warna-warna lain yang gelap sekali pun.

Sebagian pemilik mobil merasa lebih senang saat mencuci mobilnya di bawah sinar matahari karena berharap bisa lebih cepat kering saat terkena panas matahari.

Mungkin harapan ini bisa dibilang benar, namun jika terkena sinar matahari secara langsung, warna cat mobil dapat cepat pudar, dan ini belum diketahui banyak pemilik kendaraan tersebut.

Tak hanya itu, jika Anda memakai sabun atau sampo untuk mencuci mobil, akan terserap ke cat warna mobilnya dan bisa menyebabkan jamur. Hal ini dapat terjadi jika mencuci di bawah sinar matahari.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh alias tidak terkena sinar matahari. Jika Anda memiliki garasi dengan sanitasi yang baik, dapat mencuci mobilnya di dalam garasi ini.

  1. Mencuci dengan Sabun atau Sampo Khusus Cuci Mobil

Mengenai sabun atau sampo yang digunakan untuk mencuci mobil putih, jangan pilih yang asal atau bukan rekomendasi.

Sebaiknya, gunakan sabun atau sampo yang memang khusus untuk mencuci mobil ini. Jika tetap menggunakan sabun ataupun sampo yang tak sesuai, kemungkinan besar bisa merusak cat warna mobilnya.

Baca Juga :  Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara Dengan Mobil

Dengan memakai yang benar, cat warna putih pada mobil bisa lebih awet, serta terjaga kebersihannya dalam waktu lama. Bagi Anda yang ingin membeli sabun atau sampo khusus cuci mobil ini, dapat mengunjungi toko otomotif terdekat.

  1. Mencuci Mobil dengan Teknik yang Benar

Cara ini mungkin masih dihiraukan oleh banyak pemilik mobil putih. Adapun teknik untuk mencuci mobil putih yang benar, yaitu membilas bagian yang sudah terkena sabun atau sampo khusus sebelum berpindah ke bagian mobil yang lain.

Untuk membilasnya pun, lakukan dengan satu arah. Selain itu, bilas permukaan bodi mobil secara berkala dari atas ke bawah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tak ada kotoran menyangkut. Selain itu, untuk menghindari bercak bekas sabun atau sampo yang mengering serta menimbulkan noda.

Tak hanya itu, cara ini juga untuk menghindari kotoran yang tertinggal di celah mobil. Setelah membilasnya, lap bagian mobil yang masih basah dengan kain lap kering dan memiliki daya serap tinggi.

Adapun perbedaan menggunakan lap ini dengan sinar matahari. Menggunakan lap kering untuk mengeringkan mobil putih yang dibilas tidak akan meninggalkan bercak pada bodi mobilnya, sedangkan sinar matahari sebaliknya.

Bercak tersebut tentunya dapat merusak cat warna mobil. Menggunakan lap ini juga dapat membuat mobil putih Anda tidak cepat menguning.

Perlu diketahui juga, setiap pemilik mobil putih yang mencuci mobilnya harus benar-benar mengeringkannya setelah dibilas. Pengeringan mobil ini pun harus dilakukan hati-hati agar bebas dari busa sabun atau sampo yang menempel.

  1. Rutin Membersihkan Mobil

Mencuci mobil putih perlu dilakukan secara rutin agar debu ataupun kotoran lain tidak ada yang menumpuk di mobilnya.

Baca Juga :  Pelaku Penggelapan mobil di Cisarua Berhasil Ditangkap 

Anda juga bisa mengelap mobil ini setelah seharian digunakan jika malas mencuci. Namun, disarankan untuk mencuci mobil putih setiap sekali atau dua kali dalam seminggu.

  1. Lakukan Pemolesan

Cara selanjutnya yaitu melakukan pemolesan. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan warna putih pada mobil Anda.

Selain itu, pemolesan juga perlu dilakukan untuk menghilangkan jamur yang menempel di bodi mobilnya. Pemolesan ini bisa dilakukan di bengkel resmi terdekat.

Untuk biayanya sendiri, cukup terjangkau sekitar Rp3 juta. Dengan bujet segini, mobil putih Anda sudah bisa dilapisi lapisan dengan nano ceramic yang dapat membuat warna mobil ini awet hingga dua tahun.

Namun jika bujet terbatas, Anda dapat melakukan pemolesan sendiri saat waktu luang. Caranya adalah Anda pertama gosok seluruh bodi mobil dengan super kompon yang berfungsi untuk menghilangkan baret pada bodinya.

Langkah selanjutnya, Anda cuci bersih mobil dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan bekas minyak.

Kemudian, tempelkan cairan ceramic premium carnauba yang dapat membuat mobil jadi mengkilap. Gosokkan secara merata dengan menggunakan kain halus yang bertujuan untuk menghindari baret pada bodi mobil.

  1. Lakukan Treatment

Jika Anda ingin lakukan treatment, bisa dilakukan di salon mobil. Cara ini sebenarnya mirip dengan pemolesan, namun treatment ampuh menghilangkan bodi mobil yang menguning.

Treatment sendiri bisa dilakukan pada bagian eksterior, interior, hingga mesin mobil. Harga treatment ini berkisar antara Rp4 juta hingga Rp7 juta, tergantung dari ukuran mobilnya.

Biasanya, terdapat juga paket detailing yang memerlukan bujet antara Rp1 juta sampai Rp2 juta. Dengan cara ini, mobil putih Anda bisa tetap tahan lama alias awet dan terhindar dari warna cepat menguning. ***