Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara Dengan Mobil

0
BAHAN BAKAR

NARASITODAY.COM – Harga bahan bakar minyak (BBM) belum lama kembali mengalami kenaikan. Hal tersebut membuat sejumlah pengendara terus berfikia bagaimana caranya agar tetap bisa berhemat semaksimal mungkin.

Ternyata, ada banyak cara yang bisa Anda coba terapkan untuk membuat kendaraan lebih irit bensin. Meski demikian, tingkat kehematan bahan bakar kendaraan juga dipengaruhi oleh banyak hal, dari mulai kapasitas mesin hingga gaya berkendara.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, dengan sejumlah tips berikut ini dijamin akan membuat kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar. Dengan begitu, Anda juga jadi bisa lebih menghemat pengeluaran. Apa aja tipsnya? Yuk, simak di artikel berikut ini.

  1. Berkendara Dengan Kecepatan Konstan

Tips pertama adalah berkendaraan dengan kecepatan konstan. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa berkendara dengan kecepatan yang tetap atau konstan akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih hemat. Terlebih lagu untuk pengguna mobil. Biasanya, tips ini akan lebih mudah diterapkan saat berkendara di jalan tol.

Baca Juga :  Ini Nama-nama Pelajar Korban Peristiwa Gedung Sekolah Ambruk di Ciampea 

Apabila mobil Anda sudah dibekali dengan fitur cruise control, Anda dapat mengaturnya agar kecepatan mobil dapat konstan dan tidak berubah. Untuk mengaktifkan fitur cruise control, umumnya Anda harus memacu kendaraan hingga kecepatan yang diinginkan. Setelahnya tekan tombol cruise control yang terletak pada setir. Nantinya, mobil akan dengan sendirinya mempertahankan kecepatan dan tetap stabil tanpa perlu kita menginjak pedal gas atau rem.

  1. Mengurangi beban kendaraan

Beban yang dibawa di dalam kendaraan juga berpengaruh besar dalam hemat atau borosnya konsumsi bahan bakar. Umumnya, penambahan beban seberat 50 kg akan meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 2 persen. Namun, konsumsi peningkatan konsumsi bahan bakar bisa lebih tinggi, jika dilakukan di mobil dengan desain yang compact dan memiliki kapasitas mesin yang kecil. Jadi, apabila Anda bepergian hanya untuk jarak pendek. Usahakan membawa barang seminimal mungkin, karena bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

  1. Hindari jam sibuk
Baca Juga :  Berikut 11 Tips yang Perlu Anda Tahu Untuk Menghadapi Musim Hujan

Sebagai pengemudi, terlebih jika rutin melakukan mobilitas setiap hari, ada baiknya Anda sudah hafal dengan situasi lalu lintas di jalan yang hendak Anda lewati. Sebaiknya hindari pulang saat jam sibuk karena biasanya lalu lintas sangat macet. Jika memaksakan pulang melewati jalanan yang macet, dapat dipastikan kendaraan juga akan lebih boros.

Selain menghindari pulang pada jam sibuk, Anda juga dapat mencari jalan alternatif yang lalu lintasnya lebih lancar. Anda bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk jalan atau peta digital jalan yang tidak macet.

  1. Tak perlu memanaskan mobil terlalu lama

Rutin memanaskan mobil memang baik agar mesin selalu dalam kondisi prima. Namun, kebiasaan memanaskan mobil terlalu lama justru akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia.

Durasi waktu memanaskan mobil yang dianjurkan sekitar 10 menit hingga 15 menit. Durasi waktu tersebut dinilai sudah cukup ideal untuk membuat mesin mobil terjaga dengan baik tapi juga tidak membuang-buang bahan bakar.

  1. Gunakan AC dengan bijak
Baca Juga :  Tengah Parkir di Garasi Rumah Mertua, Mobil di Ciawi Diembat Maling

AC tentunya menjadi salah satu komponen yang sangat penting ketika kita berkendara. Terlebih, iklim Indonesia yang tropis memaksa pengendara tidak pernah mematikan AC sepanjang perjalanan. Faktanya, penggunaan AC terus-menerus akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan lebih boros.

Solusi terbaiknya adalah lebih bijak dalam menggunakan AC. Anda tidak perlu terus menerus menyalakan AC. Apabila suhu di dalam kabin dirasa sudah cukup dingin, Anda bisa mematikan sementara AC. Nantinya, jika suhu kembali panas, Anda bisa kembali menyalakan AC.

  1. Rajin servis

Perawatan rutin juga menjadi faktor penting jika Anda menginginkan mobil yang hemat bahan bakar. Sebab, jika mobil tidak pernah melakukan perawatan rutin, performa mesin juga tidak akan optimal. Mesin yang tidak terawat pastinya juga akan membuat konsumsi bahan bakar tidak efisien. ***