PTPS Ujung Tombak pengawasan Di TPS 

0

NARASITODAY.COM- Jelang pelaksanaan Pemilu 2024,  Panwascam Ciomas mengelar Bimbingan teknis (Bimtek) ke 421 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) .

Bintek kedua yang di aula Bumdes Desa Ciomas, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor,  tentang peningkatan  kapasitas dan pemahaman PTPS saat melaksanakan tugasnya di TPS.

Terlebih, anggota  PTSP merupakan ujung tombak pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bimtek ini sebagai ikhtiar kami untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman PTPS agar ketika menjalankan tugas pengawasan bisa dijalankan secara maksimal,” ujar Ketua pengawas Kecamatan (Panwascam) Ciomas, Ramdhan.

Ramdhan mengungkapkan PTPS merupakan ujung tombak pengawasan pemilu di TPS, sehingga peran mereka sangat penting .

Baca Juga :  Puluhan Ribu Orang Akan Direkrut Untuk Menjadi Anggota Polri di Provinsi ini Tugasnya

Untuk itu, PTPS harus cekatan dan mengerti betul tugas dan fungsinya. Sehingga perlu dilakukan Bimtek PTPS yang digelar selama dua hari .

Melalui Bimtek,  para pengawas TPS mendapat materi terkait Pungut hitung suara atau Pungsura di TPS, serta distribusi logistik TPS.

Pihaknya juga menghadirkan  pemateri Bimtek yang menyampaikan tentang teknis dan pelaksanaan tugas pokok yang akan dilakukan Pengawas TPS dalam Pemilu serentak tahun 2024.

“Beberapa materinya antara lain materi Bawaslu yakni aplikasi SIWASLU yang akan diisi setiap pengawas TPS terkait kejadian yang ada serta materi terkait kategori pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemcam Parung Gelar Musrenbang TA 2025, Persoalan Sampah Menjadi Faktor Utama

Pemateri Bimtek PTPS Ciomas, Imam Sunandar mengungkapkan, perekrutan anggota PTPS di adakan sebulan sebelum pelaksanaan Pemilu. Dengan waktu  yang singkat tersebut , tentunya tidak semua anggota PTPS mengerti akan tugasnya.

Untuk itu, sangat penting diadakannya Bimtek oleh Panwascam.  Dengannya adanya Bimtek mereka memiliki bekal dan mengerti akan tugas dan kewajibannya.

PTPS merupakan ujung tombak pengawasan di TPS, sehingga peran mereka sangat penting,” ujar pria yang biasa di sapa Isun.

Isun meminta kepada anggota PTPS  harus jeli dan bisa mengantisipasi terjadinya segala bentuk kecurangan dan permasalah di TPS.

Baca Juga :  Remaja Belasan Tahun Diduga Hendak Tawuran, Akhirnya Digiring ke Mapolsek Ciawi

Terlebih penghitungan suara di Pemilu 20424, diperkirakan bisa berjalan sampai malam hari sehingga  kebugaran anggota PTPS juga sangat penting.

Ia juga mengingatkan seluruh PTPS agar bekerja dengan baik dan menjaga integritas. Menurutnya hal tersebut penting agar PTPS selaku pihak yang mengawasi langsung dilapangan bisa berpegang teguh kepada aturan dan kebenaran.

“Pengawas TPS datang 20 menit sebelum pelaksanaan,  karena pembuka kotak surat harus di saksikan oleh PTPS dan saksi,” tukasnya.***