PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

0
OPINI_HERU

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

MASYARAKAT sempat diramaikan dengan isu perubahan seragam sekolah mulai dari SD sampai SMA yang akan dilakukan oleh mas Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi usai Lebaran.

Alhamdulillah, namun isu ini ditepis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Wah tidak bisa dibayangkan jika ini benar, maka akan diprotes oleh emak-emak, karena uangnya sudah habis untuk keperluan lebaran dan mudik bro.

Berdasarkan Permen Kemdikbudristek RI Nomor 50 Tahun 2022 Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, seragam sekolah memiliki empat jenis, yaitu:

Baca Juga :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

1. Seragam nasional memiliki model dan warna yang sudah ditetapkan bagi para peserta didik. Seragam nasional digunakan para peserta didik minimal setiap Senin dan Kamis.

Selain itu, seragam nasional juga harus dikenakan ketika pelaksanaan upacara bendera disertai dengan atribut lengkap meliputi topi pet dan dasi sesuai warna jenjang sekolah serta bagian depan topi menggunakan logo Tut Wuri Handayani.

2. Seragam Khas Sekolah, model dan warna pakaian seragam khas sekolah ditetapkan pihak sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Baca Juga :  MENANAM KEBAIKAN SAAT SEKOLAH MAKA MEMANEN SAAT BEKERJA

Seragam khas sekolah digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

3. Seragam Pramuka, model dan warna seragam pramuka mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sama seperti seragam khas sekolah, seragam pramuka digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan masing-masing sekolah.

4. Pakaian Adat, jenis seragam ini ditetapkan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan Kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Baca Juga :  Pendidikan yang Membias, Menuju Generasi Emas atau Cemas?

Pakaian adat digunakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Menurut penulis, seragam sekolah sangat penting untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan peserta didik.

Hanya penulis punya saran, karena Indonesia mayoritas muslim, sebaiknya seragam untuk SD dan SMP yang laki-laki, memakai celana panjang bukan celana pendek, hal ini agar bisa dipakai untuk shalat.

Dan untuk seragam yang wanita harus sopan dan menutup aurat, meski tidak wajib berhijab (yang non muslim menyesuaikan). Jangan memakai seragam seperti anak SMA di sinetron-sinetron yang sexy. Jayalah Indonesiaku. ***