Pondok Pesantren Darussalam Koposari Gelar Upacara HUT RI ke-79: Meneguhkan Nasionalisme dan Peran Santri

0

NARASITODAY.COM – Pondok Pesantren Darussalam Koposari yang terletak di Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 dengan upacara kemerdekaan yang diikuti oleh seluruh komponen pesantren, termasuk pengurus, dewan guru, dan santri.

Acara yang digelar pada Sabtu, 17 Agustus 2024, ini merupakan bagian dari rutinitas tahunan untuk menunjukkan nasionalisme dan penghormatan terhadap jasa para pahlawan.

Ustadz Hilal Handaya, Ketua Yayasan dan putra dari pengasuh pondok pesantren Abuya KH. Drs. Yadi Suryadi, mengungkapkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sebagai bukti kecintaan kita terhadap bangsa dan penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

Baca Juga :  Komplotan Curanmor Tinggal di Kontrakan Gunung Putri Digerebek Polisi, Empat Orang Diringkus

“Seluruh komponen pesantren wajib mengikuti upacara HUT RI,” katanya.

Pada peringatan kali ini, upacara menjadi istimewa dengan kehadiran Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Rahmat Idnal, dalam kapasitasnya sebagai Dewan Penasehat Pondok Pesantren Bidang Nasionalisme dan Kebangsaan.

Dalam pesannya, Ade Rahmat Idnal menyampaikan, sejarah mencatat bahwa Pondok Pesantren dan santri memiliki peranan besar dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. “Para ulama dan santri telah berkontribusi dalam membentuk kesadaran nasional dan turut serta dalam melawan penjajah,” ujarnya.

Ia menekankan, perjuangan kemerdekaan tidak terlepas dari peran ulama dan santri yang gigih. Karena itu, santri juga memiliki tanggung jawab besar setelah kemerdekaan, yaitu menjaga dan mengawal NKRI serta memajukan bangsa.

Baca Juga :  Seorang Pelajar SMP di Bogor Jadi Korban Penganiayaan Aksi Tawuran, Polisi Kejar Pelaku 

Ade Rahmat Idnal berharap santri terus mengingat jasa-jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan mereka dengan berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta memajukan bangsa.

“Mari kita berkomitmen untuk menjaga dan memajukan Indonesia menuju cita-cita Indonesia emas 2045,” katanya.

Dewan Penasehat Afif Johan, juga menambahkan bahwa pondok pesantren memainkan peran penting dalam membentuk karakter bangsa.

Pesantren harus menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan kepada santri. Kita semua memiliki peran dalam menjaga keutuhan bangsa dan memupuk rasa cinta tanah air,” ucap Afif Johan.

Baca Juga :  Unik, Warga Cileuksa Sukajaya Gelar Lomba Cegah Stunting di Momen Perayaan Kemerdekaan RI Ke-79

Afif Johan menilai pesantren sebagai tempat yang tepat untuk mencetak generasi religius, nasionalis, dan berakhlak, sambil tetap berkompetensi tinggi.

“Pondok Pesantren Darussalam Koposari juga memiliki Balai Latihan Kerja sebagai bukti komitmen kami dalam mendukung pengembangan SDM unggul,” katanya.

Pesantren Darussalam Koposari, dengan landasan Al-Qur’an dan Sunnah serta kepedulian terhadap empat pilar kebangsaan—NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika—berkomitmen untuk terus mendidik generasi yang berakhlak dan berdaya saing.

Acara peringatan HUT RI ini menjadi momentum untuk memperkuat nasionalisme dan membangun semangat juang di kalangan santri.***