Kali Cilame di Sukamaju Meluap, Rendam Belasan Rumah dan Meluluhlantakkan Akses Jalan Desa

0

NARASITODAY. COM – Kali Sungai Cilame di Kampung Babakan Cilame RT 03 RW 01, Desa Sukamaju, Cigudeg, Kabupaten Bogor meluap, belasan rumah terendam dan rusak akses jalan desa.

Meluapnya sungai tersebut di sebabkan oleh hujan deras dibarengi petir selama tiga jam di wilayah tersebut, pada. Rabu 12 Juni 2024.

“Hujan tadi sekitar pukul 16.30 wib, sekitar 12 rumah 16 kepala keluarga (KK) terendam dan banyak perabotan warga yang terbawa hanyut,” kata ketua ketua RT 03 Angga.

Dia menjelaskan, bahwa meluapnya sungai itu bukan pertama kalinya terjadi. Kali ini air meluap cukup besar setelah terjadi sebelumnya pada tahun 2015 lalu.

Baca Juga :  Penutupan Kegiatan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta : Meriahkan Kampung Sitoko dengan Pentas Seni hingga Perlombaan

“Sungai ini kalau curah hujannya deras pasti naik Ini ketiga kalinya terjadi paling besar meluapnya selama ini,” ujarnya.

Sementara warga yang rumahnya terdampak Yati mengharapkan, pemerintah agar segera untuk bertindak menangani daerah aliran sungai tersebut supaya tidak terdampak kembali kepada warga.

“Warga sudah tidak kaget dengan kejadian ini karena sudah sering terjadi, kalau sekarang tidak terlalu parah kerugiannya, karena kita sudah antisipasi sebelumnya. Kalau pada 2015 lalu kita mengalami kerugian cukup besar,” katanya.

Menurut dia, dampak dari meluapnya sungai Cilame, bukan hanya dari hujan deras, melainkan ada faktor lain, salah satunya pembuangan aliran air dari hulu sungai di buang ke aliran sungai tersebut.

Baca Juga :  Kisah Filem Horor Thailand Cracked

“Warga berharap mata air dari hulu agar tidak dibuang ke aliran sungai Cilame ini, selama ini dari Desa Cigudeg dari mana mana di buang ke aliran sungai ini semua,” ujarnya.

Ditempat yang sama kepala Desa Sukamaju Dahyudin membenarkan pemukiman penduduk warganya terendam banjir dan rusak jalan desa.

“Sebanyak 17 rumah terendam banjir dan rusak akses jalan desa,” katanya.

Beruntungnya, dari musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Hanya belasan rumah terendam banjir setinggi perut orang dewasa.

Baca Juga :  Mengungkap Alasan Raffi Ahmad Membantu Tubagus Joddy Setelah Dekat dengan Vanessa Angel

“Setelah mendapatkan laporan dari warga kita langsung hubungi destana desa dan pihak kecamatan,”

Dia menjelaskan, hampir setiap musim hujan wilayah tersebut akan terjadi banjir. Kendati begitu pihak pemerintah desa sudah melakukan antisipasi, dengan melakukan beberapa kegiatan.

“Kita sudah melakukan upaya pemasangan TPT pinggiran kali Cilame ini, tetapi karena banyak nya anak kali yang masuk ke kali Cilame ini termasuk tumpahan dari jalan nasional semuanya masuk ini salah satu masalah yang perlu dipikirkan kedepannya,” katanya.

Dalam kejadian ini, pihaknya mentaksir menimbulkan kerugian capai ratusan juta rupiah.***