Penutupan Kegiatan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta : Meriahkan Kampung Sitoko dengan Pentas Seni hingga Perlombaan

0
FORMABI-KIP

NARASITODAY.COM – Kegiatan bakti sosial (baksos) Forum Mahasiswa Bidikmisi Kartu Indonesia Pintar (FORMABI-KIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, telah sukses melaksanakan kegiatan baksos di kampung Sitoko, desa Pasirhaur, kabupaten Lebak provinsi, Banten selama satu pekan lamanya. Mulai dari Minggu 14-Sabtu 20 Januari 2024.

Penutupan baksos dari FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di kampung Sitoko dimeriahkan dengan pentas seni pada Jum’at (19/01/2024) dan perlombaan pada Sabtu (20/01/2024).

Pentas seni dilaksanakan pada Jum’at sore (19/01/2024) pukul 13.00-17.00 WIB dengan menampilkan berbagai penampilan dari 10 kelompok, mulai dari bersholawat, tari tradisional, dan tari modern. Para relawan baksos pun turut memeriahkan acara pentas seni tersebut dengan menampilkan drama musikal tentang ‘Petualangan Sherina’.

“Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa karena menunjukkan kepedulian kepada masyarakat kita dengan mengorbankan waktunya untuk adik-adik kita di kampung Sitoko ini”, ujar Aceng Didin selaku sekertaris desa Pasirhaur saat menyampaikan sambutan pada acara pentas seni, Jumat (19/01/2024).

Baca Juga :  Pasta Saus Gochujang Ayam ala Korea Memiliki Rasa yang Unik dan Menggugah Selera

Lebih lanjut, Aceng Didin juga menyampaikan bahwa Kakak-kakak (mahasiswa) ini sudah membuktikan ke masyarakat kita bahwa hidup itu untuk memberikan manfaat untuk orang lain bukan untuk diri sendiri saja. Semoga adik-adik di kampung Sitoko dapat menjadi penerus masa depan bangsa, lanjutnya saat menyampaikan sambutan pada acara pentas seni.

Pentas seni ditutup dengan pengumuman penampilan terbaik yang diraih oleh kelompok 9 dengan penampilan Tari Modern Dalamo.

Kemudian pada keesokkan paginya, Sabtu (20/01/ 2024) pukul 09.00-11.30 WIB dilaksanakan perlombaan dengan berbagai jenis lomba di lapangan kampung Sitoko, tepatnya berada di depan SDN 02 Pasirhaur. Perlombaan terdiri dari enam cabang diantaranya estafet sarung, estafet air, estafet kardus, joget balon, balap karung, dan tarik tambang. Bukan hanya anak-anak, perlombaan juga dimeriahkan oleh bapak-bapak dan ibu-ibu warga kampung Sitoko.

Penjual papeda di kampung Sitoko, Iguani menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan baksos tersebut. “Alhamdulillah seru acaranya dan tadi berjalan dengan lancar, antusias warga juga sangat tinggi. Selain itu, warga juga seneng ada acara seperti ini, banyak anak kecil juga yang akhirnya tau lomba-lomba baru. Semoga tahun depan diadakan kembali lomba-lomba seperti ini.” Ujarnya saat diwawancarai pada Sabtu (20/01/2024).

Baca Juga :  Bacabup Bogor Jaro Ade Sudah Kantongi 10 Nama Untuk Wakil di Pilkada Nanti

Setelah dilaksanakan perlombaan, siang harinya di hari yang sama dilaksanakan upacara penutupan di lapangan kampung Sitoko. Selain para relawan baksos, upacara penutupan juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, para warga, dan juga anak-anak.

Pada upacara penutupan tersebut, ada penyampaian sambutan dari Iden Hendi selaku ketua pemuda dari kampung Sitoko yang mana pada penyampaian sambutan tersebut Iden menyampaikan ucapan terimakasih kepada relawan baksos dari FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Terima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang sudah meluangkan waktunya untuk mengabdi di sini (kampung Sitoko). Semoga apa yang telah diberikan khususnya pengalaman dan ilmu kepada anak-anak kami dan masyarakat dapat bermanfaat untuk kami di sini”, ujarnya saat menyampaikan sambutan pada penutupan baksos, Sabtu (20/01/2024).

Baca Juga :  Pembukaan Kegiatan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta Tahun 2024, di Kampung Citoko, Lebak Banten

Di sisi lain, Iden Hendi juga menyampaikan bahwa, “Kami sebagai warga mohon maaf tidak bisa menyambut dengan semaksimal mungkin. Dan yang terakhir, kami berdoa semoga perjalanan pulang teman-teman (mahasiswa) semuanya selalu diberikan kelancaran dan keselamatan sampai tujuan serta teman-teman (mahasiswa) tidak lupa dengan kami yang di sini, tetap dijaga silaturahminya. Kami sangat senang dan bahagia dengan kedatangan teman-teman (mahasiswa) semuanya.” Tutupnya saat sambutan telah selesai disampaikan.

Upacara ditutup dengan tangis haru dan pelukan dari para relawan baksos dan para warga kampung Sitoko, mulai dari anak-anak, hingga bapak-bapak dan ibu-ibu warga kampung Sitoko yang turut hadir untuk melepas kehadiran para relawan baksos dari FORMABI-KIP setelah  satu pekan melaksanakan baksos di kampung Sitoko, desa Pasirhaur, kabupaten Lebak, provinsi Banten. ***