Perayaan Maulid Nabi di SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo, Sinergi Edukasi dan Religi

0
SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo baru saja menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan penuh kemeriahan. Kamis (19/09).

NARASITODAY.COM- SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo baru saja menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan penuh kemeriahan. Kamis (19/09).

Bertempat di halaman sekolah, acara ini menghadirkan pendakwah kondang asal Sukabumi, K.H. Jose Abimanyu, yang memberikan ceramah inspiratif kepada para siswa.

Fransisca Agustina, Kepala SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo, mengungkapkan bahwa peringatan Maulid Nabi menjadi agenda tahunan yang selalu dirayakan dengan meriah.

“Ini adalah program tahunan kita. Kalau untuk peringatan lainnya seperti Rajab, biasanya hanya internal dengan siswa saja. Tapi untuk Maulid Nabi, kita selalu rayakan besar-besaran karena ini momen penting yang mengajarkan banyak ilmu dan pelajaran hidup,” ujar Fransisca.

Baca Juga :  Ekspedisi Keindahan Alam Tersembunyi: Mahasiswa Aksi Bakti FORMABI-KIP UIN Jakarta Eksplor Wisata di Kampung Sitoko Lebak-BantenĀ 

Tak hanya sekadar perayaan, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan bernuansa islami, seperti lomba kaligrafi, adzan, hingga tausiyah.

“Ternyata banyak siswa di sini yang memiliki bakat dalam bidang keagamaan, walaupun terlihat biasa saja. Ini menjadi ajang bagi kami untuk mencari bibit-bibit baru yang unggul,” lanjut Fransisca.

Sebagai bentuk apresiasi, sekolah memberikan piagam, piala, serta uang pembinaan kepada para pemenang lomba.

Baca Juga :  Kunjungan Kedua Camperdown College ke SMPN 2 Leuwisadeng dalam Program BRIDGE School Partnership

Harapannya, hal ini dapat memotivasi siswa lain untuk terus mengembangkan potensi mereka, baik dalam bidang akademik maupun agama.

Pesan penting juga disampaikan Fransisca kepada seluruh siswa, agar meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita di sekolah kesehatan, dan sebagai calon tenaga kesehatan, kejujuran itu adalah hal utama. Karena di dunia kesehatan, ada sumpah yang harus dipegang teguh. Selain itu, kita juga harus meneladani budi pekerti dan toleransi yang diajarkan Nabi Muhammad,” jelasnya.

Ceramah dari K.H. Jose Abimanyu semakin menambah kekhidmatan acara. Beliau mengingatkan para siswa agar tidak hanya fokus pada ilmu formal, tetapi juga ilmu agama.

Baca Juga :  Ini Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Sahur Agar Dapat Hikmahnya

“Kita adalah makhluk beragama. Jangan hanya kejar ilmu formal saja, ilmu agama itu penting. Karena ibadah tanpa ilmu akan sia-sia,” pesan K.H. Jose.

Dengan mengundang beberapa sekolah lain, acara ini menjadi ajang silaturahmi dan sinergi antar-sekolah.

Banyak juga lulusan dari MTs yang hadir, dan beberapa di antaranya melanjutkan studi di SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo.***